Skip to main content

Sukuk Negara Ritel SR-002













Alhamdulillahirabbil Alamin..


Sukuk Negara Ritel Seri SR-002 tahun 2010 kembali diterbitkan oleh pemerintah Indonesia di pasar perdana. Pengelolaan Sukuk dilakukan agen penjualan yang ditunjuk Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Guyuran hujan di kota Surabaya pada malam ini (25 Januari 2010), tak menyurutkan keinginan saya tuk menghadiri gathering penawaran Sukuk oleh agen penjualan BANK PERMATA, bertempat di Hotel kawasan jalan raya darmo. Undangan ini terasa begitu dinanti, mengingat akan ada saja wawasan baru yang dapat dipelajari meski nanti saya tidak mengambil pemesanan sukuk, yang per unit ditawarkan dengan harga Rp.1.000.000. Upss..Namun bukan keikutsertaan saya atau tidak pada Sukuk yang akan saya bahas, akan tetapi sekelumit konsep Sukuk yang akan dibahas..

Hall Lantai 2 tampak berseliweran orang dengan ragam latar belakang. Mulai dari pebisnis hingga pegawai BUMN, dan bahkan kalangan akademisi seperti saya..hehe..Sebelum memasuki ruangan acara, undangan yang hadir diwajibkan mengisi buku tamu dan selanjutnya diberi buku memorandum informasi dan beberapa bundel kertas. Buku maupun kertas tersebut berisi informasi mengenai sukuk negara ritel seri SR-002 yang seluruh materinya langsung dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan RI dan tata cara bergabung.

Para pembaca yang budiman, saya haturkan salam dan selamat menikmati bahan bacaan tanya jawab yang secuil ini..

Apa toh Sukuk itu ?

Sukuk Negara Ritel (SUKRI) merupakan salah satu bentuk alternatif investasi di pasar keuangan. Tentunya bagi anda yang memiliki dana ngendon atau nganggur maka bisa merasakan keuntungan benefit pada tahun ketiga, tahun 2013.

Apa tujuan pemerintah menerbitkan SUKRI ?

SUKRI diterbitkan dengan tujuan untuk membiayai anggaran pendapatan belanja negara (APBN).

Siapa yang dapat membeli SUKRI ?

SUKRI dijual kepada individu atau perseorangan warga negara indonesia melalui agen penjualan. Dan untuk institusi dan individu warga negara asing dapat membeli SUKRI di pasar sekunder melalui bursa atau non bursa.

Keuntungan yang didapat bila membeli SUKRI ?

Pembeli berhak mendapatkan imbalan dari pemerintah Indonesia sebesar 8,7% setiap bulan. Ilustrasi singkat : minimal pembelian SUKRI per-unit : Rp.1.000.000, maka imbalan yang dibayar setiap bulan kepada investor adalah 8,70% x 1/12 x Rp.1.000.000 = Rp.7250. Itu kalo anda beli Rp.1.000.000, kalau 1 Milyar..hehe..

Apa ada risiko investasi SUKRI ?

Menurut saya pribadi selepas mengikuti talkshow yang dipandu oleh Batavia Investmen Prosperindo, SUKRI tidak mengakibatkan dampak atau risiko, mengingat pemberian imbalan dijamin Undang - undang.

Kapan jadwal penerbitan SUKRI ?

Berikut informasi jadwal penerbitan SUKRI Seri SR-002 yang saya baca dari memorandum informasi :
  1. Masa penawaran : 25 Januari 2010 - 05 Februari 2010.
  2. Penjatahan : 08 Februari 2010.
  3. Setelmen : 10 Februari 2010.
  4. Listing pada Bursa Efek Indonesia : 11 Februari 2010.
Apa anda berminat untuk berinvestasi dengan SUKRI ? Kalo saya belum mampu berinvestasi macam SUKRI ini, lah saya masih berstatus akademisi..hehe..Apapun pilihan pembaca mengenai berinvestasi pada SUKRI,Saham, Reksadana, Deposito, dan alternatif investasi lainnya, silahkan dijawab sendiri, kalau perlu dalam hati jawabnya..hehe. Tulisan ini tidak untuk mempengaruhi pembaca sekalian untuk bergabung, hanya sekelumit informasi untuk menambah wawasan kita semua..

Para pembaca bisa memperolah informasi detail pada buku memorandum informasi yang diluncurkan pemerintah RI setebal 32 halaman dengan bertanya kepada agen penjualan yang ditunjuk pemerintah RI, bisa bank atau perusahaan efek terdekat untuk bisa mendapatkan buku tersebut.

Selamat berinvestasi para pembaca sekalian..
Salam perjuangan !!!

Comments

  1. sukuk ini tergolong investasi yg aman tapi tentu saja penghasilannya nggak seberapa agresif seperti saham. cocoknya buat pundi2 simpenan, bukan buat nyari untung.

    aku sendiri sempat beli juga ketika SR-001 ditawarkan. kalo kamu tertarik / pingin tau, segera beli ae. karena pengalaman kemaren sih orang2 pd rebutan, habis sebelum masa penjatahan. toh nanti kalo perlu ditarik juga bisa dijual lagi, dan dijamin batavia pasti mau beli kalo kamu jual.

    waktu SR-001 kemaren yg jadi pialangnya bukan batavia, tapi danareksa.

    ReplyDelete
  2. Semoga Indonesia makin maju dengan adanya program ini. Makasih :)

    ReplyDelete
  3. hehehe... aku ngambil tuh...!
    ya ga banyak sih... tp drpd deposito sih mending sukuk :)

    ReplyDelete
  4. Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^

    ReplyDelete
  5. asalamu'alaikum. saya mohon maaf jika saya berkomentar tidak pada tempatnya. saya ingin mengajak mas tukeran link, boleh? banner mas sudah saya posisikan dengan apik di blog sya. bisa cek di sini: http://www.darma-saputra.co.cc/2010/04/tukeran-link-untuk-menyambut-update.html jika komentar saya ini termasuk dalam spam, silahkan di hapus, tapi jangan lupa link backnya.. di tunggu ya

    ReplyDelete
  6. untuk sekarang kami masih melakukan investasi di sektor real ( produksi batik ) walaupun sebenarnya ada juga ketertarikan untuk menginvestasikan modal kami di bidang lain,hanya pemahaman dan pengalaman belum mumpuni.btw tks untuk infonya...siapa tau kedepannya kami melakukan diversivikasi investasi...

    ReplyDelete
  7. lebih ke niat nabung aja,, klo diniatin invest ya kecil untungnya,,
    aman sih,,

    ReplyDelete
  8. saya lebih suka inventasi dalam bentuk barang, seperti emas.
    tapi tertarik juga ni klo masih ada

    ReplyDelete
  9. patut di coba kayanya untuk investasi kecil-kecilan

    ReplyDelete
  10. tambah gaul aja dan blognya semakin menarik lagi... lanjutkan

    ReplyDelete

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com

Popular posts from this blog

Mudahnya Membangun Biro Perjalanan Umroh dan Haji Plus

Terhitung sejak tanggal 23 Februari 2012, Cempluk bekerjasama dengan agen travel Umroh dan Haji Plus, PT Arminareka Perdana, dengan ditunjuknya KANTOR PERWAKILAN KERTAJAYA SURABAYA sebagai kantor perwakilan Armina. Apabila rekan-rekan netter/blogger memiliki keinginan untuk menunaikan ibadah umroh maupun haji plus, dapat menjalin kerjasama dengan Cempluk. Kami membuka kesempatan kepada anda untuk menunaikan ibadah umroh ataupun haji plus secara GRATIS. Apabila bapak/ibu telah bergabung terlebih dahulu menjadi jamaah Armina dengan tanda daftar awal Rp.3.500.000, selanjutnya bapak/ibu cukup mereferensikan mitra bapak/ibu untuk berangkat umroh/haji bersama Armina dan mendapatkan bagi hasil dari Armina sebesar Rp.1.500.000/jamaah mitra bapak/ibu. Berikut ilustrasi apabila anda bergabung menjadi jamaah Armina: Apabila rekan-rekan netter/blogger berminat untuk bergabung atau memperoleh keterangan lebih lanjut terkait Armina, dapat menghubungi Cempluk dengan meng-add 

Review Film "Thank You For Smoking"

Film " Thank You For Smoking " diawali dari sebuah tayangan talk show “Joan Lunden” yang mengulas bahaya merokok pada usia remaja. Beberapa narasumber diundang dalam talk show tersebut, diantaranya remaja pengidap kanker ganas akibat kebiasannya merokok, Robin Williger (15 tahun), Nick Naylor, wakil direktur dari Akademi Kajian Tembakau, narasumber lain yang turut diundang berlatar belakang sebagai: ketua ibu-ibu yang menentang remaja perokok, ketua asosiasi paru-paru, pembantu utama layanan kesehatan dan kemanusiaan. Dalam talkshow tersebut, sang pelobi "Nick Naylor" dapat mematahkan argumen dari perwakilan senator.  Sembari mengakhiri percakapan, bahwa perusahaan rokok dimana Nick bekerja akan mengucurkan dana 50 juta dolar yang ditujukan untuk membujuk remaja agar tak merokok. BR, si bos dari Nick Naylor nampaknya kesal dengan direct statement pada acara talkshow di stasiun televisi yang terlontar dari ucapan sang pelobi. Namun lagi-lagi Nick dapat

Bersama RadikuS MakanKakus

Miss cempluk, Raditya Dika, Miss Nyelonong, Cempluk Sabtu malam minggu, cempluk mengajak Miss Cempluk buat jalan jalan muter muter Surabaya. Sampai rumah miss Cempluk pukul 19.00 wib telat sejam dari jadwal penjemputan yang harus nya jam 18.00 wib.. Pas sampe di rumah si miss Cempluk, eh..ternyata belum kelar dandan toh. So gak ada alasan si Miss marah or cemberut ke Cempluk gara gara telat jemput..hehehe. Dan pukul 19.2o an kita berangkat jalan jalan ke arah delta plasa. Wew.. Bujuk beset deh, mulai pintu masuk parkir motor udah rame trus pas mau cari tempat buat markirin motor dapet paling belakang sendiri. Baru inget ketika di pakiran sepeda motor, pas on air di SONORA FM tadi pagi, si penyiar "Lisa" ngumumin ke kita kita klo ada si radiya dika di GRAMEDIA delta plasa. Yang sebelumnya jalan jalan muter Surabaya gak ada tujuan, barulah kita berdua sepakat buat nonton talkshow di GRAMEDIA delta plasa. Pas banget ketika itu talkshow baru mulai dan kita dapat duduk baris keti