• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Laporan Pesta Blogger 2008





Pesta Blogger 2008 | Blogging for Society







Pesta Blogger 2008 telah usai dilaksanakan pada hari sabtu, 22 November 2008. Namun aroma pesta masih tercium hingga kini.

Ribuan blogger dari beragam komunitas blogger se nusantara maupun non komunitas hadir menyemarakkan pesta blogger bertempat di Auditorium Gedung BPPT II, lantai 3.

8 The Heroes ( sapaan akrab anggota Komunitas Blogger Surabaya | Tugu Pahlawan ) ikut ambil bagian dalam pesta blogger 2008 ini. Dengan menggunakan Kertajaya maupun Gumarang, para blogger dari Surabaya bersemangat untuk hadir. Kehadiran para the heroes disambut oleh rekan - rekan blogger Jakarta untuk mempersilahkan tinggal di tempatnya. Para the heroes yang hadir : Anang, Aziz, Frenavit, Fayyas, Ardiansyah, Arul, Dhadang, dan Cempluk.

Sabtu pagi, para the heroes bergegas menuju tempat acara. 5 tiket gratis untuk perwakilan komunitas telah ditukarkan dengan tiket masuk dan 1 tas berisi pernak - pernik pesta blogger pun didapat secara cuma - cuma, sedangkan 3 orang blogger the heroes lainnya memilih untuk membayar tiket masuk sebesar Rp.50.000.

Seusai menyelesaikan registrasi pukul 09 pagi, the Heroes langsung menuju auditorium lantai 3 gedung BPPT II. Di beranda sebelum menuju auditorium terdapat beragam stan sponsor, stan yang dijaga gadis cantik dari Telkom Speedy, stan Embassy United States of America yang menawarkan green card, stan kompasiana, dan masih banyak lagi. Ditengah beranda lantai 3 itu pun, ditampilkan pemenang 10 besar photo contest pesta blogger yang berhias sepeda kuno.

Setelah puas mengitari beranda lantai 3, para the heroes melanjutkan perjalanan ke auditorium. Riuh ramai menghiasi bagian dalam auditorium, para blogger seakan menikmati irama pesta meski belum dimulai.

Pukul 10, 2 MC pesta blogger mengawali pembukaan acara, acara tersebut dipandu oleh Panji ( selebritis reality show ) dan 1 MC cantik. Mereka mempersilahkan Chairman of Pesta Blogger, bapak Wicaksono ( pemilik blog : ndorokakung.com) memberi sambutan. Dalam sambutan nya, juga turut diundang ke depan panggung seluruh panitia pesta blogger 2008. Seusai sambutan dari bapak Wicaksono, lalu dilanjutkan dengan sambutan Menristek, Menkominfo ( yang diwakili asisten), dan Menbudpar ( yang diwakili asisten ).

Sekitar pukul 10.45 wib, diskusi panel bertema blogging for society pun menghadirkan : Ari Margiono - Oxfam, Sofwan Manaf, blogging pesantren leaders - Pesantren Darunnajah, Amril Gobel - AngingMammiri.org, Yudhis Sudarsono - TunasCendekia.org, Widi/Kuncoro - Telkom, bertindak sebagai moderator yakni bapak Enda Nasution.

Sharing session bersama 5 blogger asing pun dihelat sekitar pukul 11.45 wib dengan dipandu bapak Enda Nasution, mereka antara lain : Mark Tafoya (USA), Anthony Bianco (Aus), Jeff Ooi (Malaysia), Mike Aquino (Filipina), Mr. Brown (Singapura). Mereka bercerita pengalaman menikmati keindahan Indonesia saat melakukan perjalanan dari Bali - Jogjakarta - Jakarta ( finish ).

Menjelang siang, MC acara pesta blogger 2008 mengumumkan hasil polling juri pesta blogger terhadap komunitas yang teraktif menyelenggarakan kegiatan sosial. Dan pemenang tersebut dianugerahkan kepada Bali Blogger Communtiy dan CahAndong. Penyerahan hadiah oleh bapak Wicaksono selaku Chairman of Pesta Blogger. Usai acara nominasi tersebut, dilanjutkan pemutaran dokumentasi setiap komunitas yang ditampilkan pada slide show acara.

Kurang lebih pukul 12.30 wib, para blogger menyantap makan siang berupa nasi kotak juga sholat dhuhur. Para blogger pun harus rela makan siang di lantai beranda dikarenakan tidak diperkenankan membawa makanan di ruang auditorium dan tidak disediakannya kursi. Namun kendala tersebut tak menghalangi niat para blogger untuk saling bertegur sapa dengan blogger yang lain.

Puas ISHOMA, para blogger kembali lagi mengikuti breakout session pada pukul 14.00 wib di beberapa ruangan lantai 3 gedung BPPT II. Breakout session ini, para blogger dianjurkan untuk memilih 1 sesi untuk diikuti, sesi tersebut antara lain :

MELINDUNGI HAK CIPTA SEORANG BLOGGER

1. Ari Juliano
2. Ahmad Zakaria

MENJADI PHOTOBLOGGER HANDAL

1. Iman Brotoseno
2. Jerry Aurum
3. Angelie from Canon

NGE-BLOG UNTUK YANG BARU MULAI

1. Muhammad Zamroni (matriphe)
2. Anandita Puspitasari (nonadita)

BLOG: ALAT MARKETING & MENCARI PENGHASILAN TAMBAHAN

1. Nukman Luthfie

KEBEBASAN NGE-BLOG DI DUNIA MAYA - BATASAN DAN ETIKA

1. Budi Putra
2. Pepih Nugraha / Edi Taslim from KCM

BLOG DAN TURISME: SEBUAH PERPADUAN MASA DEPAN

1. Nila Tanzil
2. Perucha Hutagaol
3. Anthony Bianco (tentative)

MELIHAT DUNIA SOSIAL POLITIK DARIBLOGOSPHERE

1. Martin Manurung
2. Jeff Ooi

MARI JADI BLOGGER YANG KREATIF!

1. Yoris Sebastian
2. Raditya Dika

Menjelang sore, selepas coffee break, blogger dari nusantara itu kembali menuju auditorium gedung BPPT II untuk mendengar hasil dari Breakout session, lalu dilanjutkan dengan pengumuman pemenang photo contest pesta blogger 2008.

Irama berdendang yang dibawakan oleh Maylaffaiza - pemain biola. Lalu selepas sesi musik usai, dilanjutkan pada acara yang ditunggu - tunggu, yakni pengambilan dan pengundian kupon doorprize. Riuh ramai blogger terdengar bersahut - sahutan ketika MC membacakan nomor undian.

Pukul 18.00 wib, acara pesta blogger pun usai dengan ditutup foto bersama blogger yang hadir bersama panitia pesta blogger 2008.








































Sambutan mesra dari Chairman of Pesta Blogger 2008














Panitia Pesta Blogger berfoto bersama blogger asing














The Heroes bersama Chairman of Pesta Blogger 2008














Maylaffaiza menghibur ribuan blogger dalam pesta














Foto bersama ribuan blogger pada pesta blogger 2008