• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Nuzulul Qur'an

Nuzulul Qur'an

Nuzulul Quran terjadi setiap tanggal 17 ramadhan atau hari ini 29/09 dan peringatan ini merupakan momentum turun nya wahyu pertama Allah dari Loh Mahfudz ( tempat yang maha tinggi ) ke bumi yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah surat Al Alaq ayat 1-5 yang bila diterjemahkan menjadi :

1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan ( Iqro' )
2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya

Saat wahyu ini diturunkan Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira, ketika tiba-tiba Malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu tersebut. Adapun mengenai waktu atau tanggal tepatnya kejadian tersebut, terdapat perbedaan pendapat diantara para ulama, sebagian menyakini peristiwa tersebut terjadi pada bulan Rabiul Awal pada tanggal 8 atau 18 (tanggal 18 berdasarkan riwayat Ibnu Umar), sebagian lainnya pada bulan Rajab pada tanggal 17 atau 27 menurut riwayat Abu Hurairah, dan lainnya adalah pada bulan Ramadhan pada tanggal 17 (Al-Bara' bin Azib) ,21 (Syekh Al-Mubarakfuriy) dan 24 (Aisyah, Jabir dan Watsilah bin Asqo' ) [1]

So jangan hanya membaca Al Quran tapi senantiasa kita baca, kaji, pahami, dan kita aplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Maka kita akan menjadi orang yang bahagia dunia dan akhirat.amin allhumma amin.


Undangan Buka Bareng


Malam 17 ramadhan, cempluk gunakan untuk menghadiri undangan dari salah seorang blogger yang juga teman kuliah, kebetulan cempluk mendapati kiriman pesan dari ascrec pemilik blog http://ascrec-capricorn.blogspot.com via cbox atau shoutbox yang ada pada blog cempluk, yang isi nya sebagai berikut :

23 Sep 07, 05:43
ascrec: ndi ad undangan buka puasa dirumahQ tgl 28 dateng yo!

Dan kemarin 28/09 cempluk mendatangi kediaman rumah Ascrec untuk buka bareng. Namun sebelum nya cempluk telat datang, yang mana undangan nya jam 17.00 wib dan cempluk datang setelah solat maghrib. Maklum lah karena saat jam 16.00 - 17.30 wib cempluk masih kuliah. Setelah puas makan makanan yang terhidang, barulah di lanjutkan dengan solat tarawih berjamaah dan ceramah. Dan terakhir yaitu solat witir, yang mana kita sisipi Qunut karena ramadhan yang kita jalani telah setengah perjalanan.

Thanks El..