• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Rafting Adventures | Sobek Ayung River

Tak ada salahnya bila kita berpetualang di sungai Ayung bersama Sobek. Sobek Rafting sebagai pelopor perusahaan arung jeram di Bali tengah telah berdiri sejak tahun 1989.


Markas sobek rafting yang berlokasi di Jl. Raya Tebongkang N0 33 Ubud – Gianyar - Bali - Indonesia sama seperti rumah adat bali pada umumnya. Barulah kita tahu tempat tersebut adalah markas sobek rafting yang juga start point saat kita menengok kedalam. Puluhan dayung, helm, life jacket berjejer rapi di dalam lemari yang dibiarkan terbuka. Sebelum memutuskan untuk rafting ada baiknya telah memakai celana sport 3/4, sepatu sandal dan sunblock.

Sambutan hangat dari petugas sobek menuntun kami menuju tempat registrasi. Biaya rafting dipatok seharga Rp.325.000/orang ( Adult USD 79 - Children (7-15 years) USD 52 ). Biaya tersebut termasuk makan di finish point dan asuransi kesehatan.

Setelah selesai melakukan pembayaran, semua peserta dikumpulkan untuk mendapatkan pengarahan umum seputar pembagian kelompok, pemberitahuan pemandu setiap boat dan informasi umum rafting sobek dari pimpinan sobek. Pembagian setiap boat sekitar 4 - 5 orang dan lama perjalanan rafting di sungai Ayung sekitar 7 KM atau 11,0 mil yang memakan waktu 1,5 jam dari start menuju finish point.

Boat kami dikomandoi oleh bapak Hard, beliau membagikan helm, life jacket, dan dayung satu - persatu kepada tim rafting kami. Perjalanan dimulai, para peserta keluar dari markas sobek dan turun menyusuri bukit sekitar setengah jam.

Setiba di bawah, seluruh peserta diberikan arahan teknis ber-arung jeram menyusuri sungai ayung oleh leader pemandu bapak Tiger. Teknik ber-arung jeram dijabarkan secara panjang lebar, diantaranya : cara memegang dayung yang baik, safety talk saat di boat ( dayung maju, dayung mundur, stop, bum/tiarap ), cara berenang saat boat terbalik atau peserta terlempar, dan informasi umum mengenai sungai Ayung.

Perjalanan rafting pun dimulai. Pemandu kami bernama Hard memberikan instruksi kecil untuk tidak panik bila boat terbalik atau peserta pada boat terlempar. Beberapa meter mendayung nampak adanya ukiran indah mengenai cerita Ramayana sepanjang 180 meter di kiri kanan tebing. Pepohonan tropis dan sejuknya udara ubud memanjakan peserta rafting.

Tak henti - hentinya sang pemandu berteriak dayung maju, dayung mundur, stop, dan bum kepada kami. Arus yang deras dan banyaknya bebatuan di sepanjang aliran sungai Ayung, membuat boat tersendat - sendat untuk bergerak leluasa.

Sobek rafting bukanlah satu - satunya operator rafting di Bali tengah. "Ada 9 operator rafting telah berkembang di Bali tengah dan Sobek adalah operator tertua dengan jumlah boat ratusan",tutur pak Hard.

Dengan jargonnya Sobek The Adventure Specialist ternyata mampu memberikan pengalaman tak terlupa dalam ber-arung jeram yang menyenangkan.


Markas Sobek Rafting














Miniatur patung rafting



















Peta perjalanan sobek rafting menyusuri sungai Ayung











Deretan dayung yang ditata secara rapi di lemari














Deretan helm untuk melindungi kepala peserta rafting dari bebatuan














Life jacket untuk membuat badan terapung saat di sungai Ayung














Pimpinan sobek memberikan arahan di markas sebelum turun bukit



















Peserta rafting sedang menyusuri ke bawah bukit



















Cempluk di sela - sela turun bukit, narsis di hamparan pegunungan yang indah



















Pimpinan pemandu bapak Tiger memberikan arahan teknis ber-arung jeram di sungai ayung



















Deretan boat yang siap beraksi mengantar peserta ber-arung jeram














Peserta rafting sedang bersantai di pit stop selama 5 menit













Peserta rafting yang bersemangat