• Twitter
  • Buzz
  • Facebook


Dunia Remaja

Judul buku : ORTU, Kenapa Sih ?
Penulis : Blogfam
Penyusun : Benny Ramdhani dan Elsa V.
Penyuntingan Naskah :
Benny Ramdhani

Tebal buku : 156 halaman
Penerbit : Cinta, Bandung
Tahun Terbit
: 2006
Harga
: Rp.25.000,-

Jika kita remaja tak ingin menjadi Malin Kundang abad 21, buku dengan judul “ORTU, Kenapa Sih ?” merupakan jawaban untuk menyikapi kegamangan terhadap sikap orang tua yang kadang menurut kita super otoriter.

Dengan gaya bahasa yang lugas ala remaja metropolitan, penulis yang notabene anggota blogfam ( Blogger family ) mencoba untuk memberi suplemen solusi, dengan berbagai latar belakang yang berbeda : Lili Lengkana yang semasa SD dan SMP dihabiskan di daerah Menteng dan Cikini Raya Jakarta, Nunik Utami Ambarsari pernah berkecimpung di dunia teater dan mendapat predikat Penulis Sinopsis Cerita Terbaik, Ryu Tri yang baginya menulis adalah media yang paling tepat untuk mencurahkan isi hati dan pikirannya, Lafrania Taufik merupakan mahasisiwi Teknik Informatika ITB, Sylvia R. Agustini bekerja di Jakarta International School sebagai Library Staff, Eben Ezer Siadari berprofesi sebagai wartawan di Jakarta, Be Samiyono seorang wirausahawan, dosen serta konsultan bisnis manajemen, Gat merupakan seorang pelajar SMA di luar negeri, Iwok merintis karier jadi penulis saat SD - SMP, Ika Widyastuti merupakan mahasiswi yang sekarang sedang membuat skripsi, Prakoso Bhairawa Putera S memiliki nama pena Koko P Bhairawa, Irayani Queencyputri salah satu mahasiswi kedokteran serta memiliki hobi mendengarkan musik dan maniak internet.

Penulis melukiskan pengalamannya secara personal ketika menghadapi konflik dengan orang tuanya. Seperti penulis “Lili Lengkana” yang menceritakan hobinya bermain basket saat SMP, akan tetapi orang tuanya belum mengetahui tentang hobinya tersebut, dan suatu ketika Lili kecil bertanding basket hingga pulang larut malam, sehingga ayahnya yang mengetahui anaknya pulang larut malam langsung menampar pipi nya. Lain halnya dengan penulis “Ryu Tri”, dia menceritakan pengalaman temannya yang bernama Haya, diceritakan bahwa Haya mengidolakan Pas BAND sampai - sampai segala yang berhubungan dengan sang idola diburunya, yang akhirnya mengundang kekhawatiran orang tuanya, sang ayah memarahinya dan si Haya pun menangis, namun akhirnya si Haya menyadari akan kekeliruannya dan dia pun mengerti. Konflik yang diceritakan oleh penulis merupakan gambaran kisah saat anak – anak maupun remaja mereka, alhasil buku ini menceritakan konflik antara sang anak dengan kedua orang tuanya yang mana sang anak akhirnya menyadari betapa besarnya kasih sayang serta cinta yang diberikan sang orang tua kepada anak- anaknya.

Kumpulan cerita pengalaman pribadi yang ditulis ke dua belas penulis ini sangat menarik untuk dibaca, di dalam buku ini banyak berisikan himbauan yang digambarkan dalam tulisan. Banyak sekali nasihat yang bisa kita ambil, terutama bagi remaja dan orang tua. Bagi orang tua buku ini bisa menjadi panduan agar dapat menghindari terjadinya bongkahan keras di hati putra putrinya yang menginjak dewasa. Bagi remaja, penulis mengajak agar bisa menyadari tugasnya sebagai anak. Serta di dalam buku ini, diberikan trik maupun tips dalam menghadapi konflik serta cara penyelesaiannya sehingga terjadilah win – win solution yang baik.

Penyajian cerita dalam buku ini baik dan ceritanya pun mudah ditangkap. Penulis menyajikan masalah yang aktual dengan keseharian yang dialami oleh remaja maupun orang tua tanpa menggurui sehingga tidak membosankan dan jelas. Kekurangan dalam buku ini yaitu penulis tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga kurang bisa dinikmati para pembaca secara global.

Pastilah…dengan membaca buku ini akan membuka kran komunikasi antara orang tua dan anak yang selama ini sempat tersumbat. Selamat membaca!!

Kepanitiaan 17 agustusan at my residential

Setelah 3 minggu aku beserta teman – teman kampung mengadakan lomba 17 agustusan, dan hari ini rangkaian lomba yang diadakan karang taruna usai sudah. Berbagai pengalaman aneh, lucu masih kuingat ( ya..iyalah masih 3 minggu gitu loh), mulai persiapan lomba yang belum beres saat hari H, gelak tawa anak – anak yang mengikuti lomba, perselisihan pendapat antar panitia untuk mengadakan bazaar setelah lomba berakhir ( yang sampai sekarang masih gantung keputusannya ), kena marah warga yang di halaman rumahnya ada pohon mangga ( berniat untuk masang umbul – umbul, tapi setelah melihat banyak pencit / mangga di halaman salah seorang warga maka temen – temen iseng berniat untuk mengambil nya tapi keburu kepergok yang punya.Nasib…nasib). Ternyata menjadi seorang pemimpin ( ketua 17san kampung;aku), harus tahan banting, palagi kepanitiaan ini temen – temen memiliki latar belakang yang berbeda seperti anak SMA yang sibuk untuk study, udah ada yang kerja yang sibuk dengan kerjaannya, jadi sulit untuk menyamakan persepsi. Saat kegiatan berlangsung yang turun nangani lomba terkadang cuma yang komitmen aja alhasil 5 orang ( ketua, sekretaris, bendahara, sie perlengkapan, sie acara ) yang cuma bantu saat lomba dari 15 orang panitia 17san.Yup..tapi sekarang udah menjadi kenangan, meski kesel, jengkel, namun ini semua merupakan tantangan kita dalam menghadapi alur kehidupan ( nyambung gak yah.he..3x).Sekarang tinggal pebelian hadiah lomba, masing bingung mau dibelikan apa, masak alat tulis sama kayak tahun – tahun sebelumnya. Tapi kalau beli yang macem – macem, anggaran dana kepanitiaan gak cukup ( so confusing ). But now, I wanna to say thank you for all committee at my resendential. ( Pak RT yang selalu kasih support, ide, maupun administrasi; ketua Karang Taruna yang selalu kasih ide, serta tindakan yang konkrit meski sibuk kerja; Ibu – ibu PKK yang selalu nonton perlombaan 17san, serta yang lain nya yang tidak bisa saya masukkan satu persatu ).

Ya Allah..

Saat aku menyayangi seseorang,

Ingatkan aku bahwa akan ada sebuah akhir…

Sehingga aku akan tetap bersama Yang Tak Pernah Berakhir

Ya Allah…

Ketika aku merindukan seorang kekasih

Rindukanlah aku kepada yang rindu cinta sejatiMu

Agar kerinduanku terhadapMu semakin menjadi

Ya Allah…

Jika aku hendak mencintai seseorang

Temukanlah aku dengan orang yang mencintaiMu

Agar bertambah kuat cintaku padaMu

Ya Allah…

Ketika aku sedang jatuh cinta

Jagalah cinta itu agar tidak melebihi cintaku kepadaMu

Ya Allah…

Ketika aku berucap

“Aku cinta kepadamu”

Biarlah kukatakan kepada yang hatinya bertaut kepadaMu

Agar aku tak jatuh dalam cinta yang bukan karenaMu

Mencintai & dicintai orang lain adalah anugerah

Dicintai seseorang yang kau cintai sangatlah berarti

Tetapi…

Dicintai olehMu Ya Allah, jauh lebih berarti…

Itulah arti cinta sejati


Creative Zen Neeon 2 VS IPOD Nano

Creative meluncurkan MP3 player terbaru ZEN Neeon 2. Alat digital multimedia portabel asal Singapura ini mengemas musik, foto, video dan FM radio. Si produsen memproyeksikan produk barunya ini sebagai “amunisi” baru untuk melawan dominasi iPod.ZEN Neeon 2 tersedia dalam tiga varian kapasitas, 4 GB, 2 GB, dan 1 GB. Layarnya berukuran 1,5 inci berwarna. Jika dibanding iPod, sebenarnya fitur yang ditawarkan ZEN Neeon 2 lebih lengkap, seperti FM tuner, voice recorder, dan line-in recording.
Mau baca kelanjutannya, B a c a a j a d i : IT

" Aku Tidak Lebih Dulu ke Surga "

Aku tidak tahu dimana berada. Meski sekian banyak manusia berada disekelilingku, namun aku tetap merasa sendiri dan ketakutan. Aku masih bertanya dan terus bertanya, tempat apa ini, dan buat apa semua manusia dikumpulkan.Mungkinkah, ah ... aku tidak mau mengira-ngira. Rasa takutku makin menjadi-jadi, tatkala seseorang yang tidak pernah kukenal sebelumnya mendekati dan menjawab pertanyaan hatiku. "Inilah yang disebut Padang Mahsyar," suaranya begitu menggetarkan jiwaku. "Bagaimana ia bisa tahu pertanyaanku," batinku. Aku menggigil, tubuhku terasa lemas, mataku tegang mencari perlindungan dari seseorang yang kukenal. Kusaksikan langit menghitam, sesaat kemudian bersinar kemilauan. Bersamaan dengan itu, terdengar suara menggema. Aku baru sadar, inilah hari penentuan, hari dimana semua manusia akan menerima keputusan akan balasan dari amalnya selama hidup didunia. Hari ini pula akan ditentukan nasib manusia selanjutnya,surgakah yang akan dinikmati atau adzab neraka yang siap menanti.
Baca selengkapnya di : CERITA

Mahasiswa Baru ( Maba ) Vs Pengkaderan

SPMB telah diumumkan, suka duka menyelimuti sebagian orang yang merasakan nya.Saya ucapkan selamat bagi anda yang diterima melalui Seleksi Penerimaan MaBa.Tapi bukan itu yang akan saya utarakan.Mungkin sebagian dari kita akan mengingat kata “Pengkaderan”( bagi yang sudah diterima PTN/PTS duluan).Pengkaderan sering membuat sebagian MaBa takut untuk menginjakkan kaki di kampus nya, dan sering kita dengar sebagian MaBa akhirnya memilih tidak ikut pengkaderan atau boikot.Padahal tujuaan dari pengkaderan adalah meningkatkan Ketakwaan Kepada Tuhan YME, membina kebersamaan dan kekeluargaan antara seluruh elemen Kampus( MaBa dgn angkatannya, MaBa dgn Warga Kampus.etc),mendidik mahasiswa memiliki sifat cendekiawan serta integritas pribadi yang dilandasi kejujuran, membangun sikap kepemimpinan, keorganisasian,serta kemampuan manajerial mahasiswa, serta menumbuhkan rasa peka dan peduli terhadap lingkungan sosial. Tapi menurut saya tujuan itu pudar, tatkala pengader belum memahami konsep pengkaderan secara mendalam. Sering kali kita MaBa mendapat pisuhan dari senior, yang mana alasan senior tersebut ingin MaBa memiliki mental tangguh, berani juga tahan tekanan, MaBa coba untuk diperkenalkan semenjak awal tentang kehidupan kampus yang keras. Apakah pisuhan akan dijadikan budaya oleh senior??Pengucapan pisuhan menjadikannya terjebak dalam kesalahan berlogika. Pressing?Pressing bukanlah metode yang buruk, jika dilakukan oleh orang yang tepat untuk tujuan yang tepat.Namun amat disayangkan bila pressing dijadikan ajang senang- senang para senior,maupun pelampiasan syahwat perasaan ditakuti dan dominasi atas orang lain. Konsep pengkondisian pengkaderan :

  1. Diadakan diskusi : melatih kemampuan MaBa dalam berkomunikasi
  2. Permainan / games : melatih kreatifitas,melatih kerjasama tim, melatih sikap optimis
  3. Pressing : mendisiplinkan MaBa,membentuk mental yang kuat,melatih mempertahankan berpendapat dan mempertahankan kebenaran
  4. AMT : melatih kamampuan manajerial MaBa

Sehingga nantinya setelah dikader, MaBa memiliki kecerdasan spiritual yang mantap, ketrampilan kerjasama, ketrampilan interpersonal, sikap bertanggung jawab, kematangan emosional, komunikasi, kepercayaan diri, berpikir kritis dan analitis, ketrampilan memecahkan masalah dan pengambilan keputusan,ketrampilan memimpin,serta kreatif dan inisiatif. So jika anda menjadi pengader, pahamilah konsep pengkaderan secara utuh bukan partial dan jadikan tujuan pengkaderan karena ingin mendapat ridho dari Tuhan YME, serta para pengader diharapkan memberokan keteladanan yang baik.Untuk MaBa, jangan takut untuk berargumen. Artikel ini saya comot dari Tulisan Mas Achmad Guntar ( senior saya), juga tambahan dari saya sendiri.