• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Dialog IT : Menengok Tren IT Surabaya 2009














Dialog IT Gathering Surabaya IT Trends 2009 yang digelar hasil kerja bareng Suarasurabaya.net, Radio Suara Surabaya FM , dan Hi - Tech Mall mengundang dari beragam atribut, mulai dari komunitas, pendengar setia Suara Surabaya FM, tenant Hi-Tech Mall, dan para praktisi IT Surabaya.

Acara dialog IT Gathering, Sabtu (13/12), di lantai 6, The Empire Palace Jl Blauran 57 - 75 Surabaya dimulai dari pukul 09.00 wib. Di depan beranda lantai 6 terdapat beberapa stan komunitas IT seperti Komunitas Linux Arek Suroboyo ( KLAS ), Komunitas Blogger Surabaya (Tugu Pahlawan dot Com), Robokids, 3DS, dan IndosatM2. Stan IT yang disuguhkan, hadir untuk memeriahkan suasana gathering dan mengenalkan kepada masyarakat untuk mengenal lebih dekat peran komunitas IT di Surabaya.

Dialog IT baru bisa dimulai pukul 10.33 wib di ruang auditorium The Empire Palace . Acara dibuka dengan sapaan manis mbak Iping. Tak lama setelah itu, dialog pertama Overview yang dipandu oleh moderator mbak Restu Indah dimulai dengan menghadirkan 2 pembicara antara lain : bapak Rudy Sukamto GM HITECH-MALL SURABAYA dan bapak Sigit Wikanto UNIT BISNIS SUARA SURABAYA.NET.

Sesi pertama ini lebih banyak membahas awal mula terciptanya program dialog IT. " Dialog IT adalah program talkshow Suara Surabaya FM dan terbentuk tanggal 22 april 2004. Tujuan dari adanya dialog IT ini tak lain untuk memberikan edukasi IT pada masyarakat Surabaya pada khususnya dan Jatim secara umum. Jadi sudah 4 tahun talkshow dialog IT berjalan", tutur bapak Sigit. Pak Rudy memaparkan keinginannya untuk membangun IT Land di lantai atas Hi-Tech Mall, dengan harapan untuk bisa dimanfaatkan masyarakat Surabaya mengembangkan kemampuan IT secara gratis, tak ada halangan lagi untuk belajar IT, tak hanya sebagai pusat jualan produk IT terbesar di Indonesia timur tapi juga sebagai pusat edukasi IT kepada masyarakat. Pukul 11.00 wib sesi pertama pun berakhir.

Tema yang diangkat pada sesi kedua yakni Surabaya IT Tren 2009 dimulai pukul 11.13 wib dengan pembicara bapak Herru Soleh BUSINESS DEVELOPMENT MANAGER SUARA SURABAYA MEDIA, bapak Lendy Widayana MANAGING PARTNER INDONESIA DISCOVERY RESEARCH AND DOCUMENTARY, dan ibu Eva Handriyantini DIREKTUR CYBERKIDZ INDONESIA. Sesi kedua banyak membahas seputar perkembangan dan tren IT sekarang dan masa depan.

"Perlunya pemetaan potensi IT di Surabaya dan Jatim agar bisa menjelajahi market bisnis yang dibutuhkan oleh masyarakat", tutur bapak Lendy. Bapak Herru memaparkan radio yang bisa bertahan untuk saat ini dan masa depan perlu adanya sebuah inovasi, seperti radio on demand, radio streaming karena kini tak lagi pendengar tetapi juga pengakses. Seiring dengan semakin banyaknya pemakai internet, bisa jadi suatu saat radio akan tergilas oleh perkembangan internet bila tidak bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan IT.

Ibu Eva memberikan kiat sukses nya dalam pengembangan aplikasi konten pendidikan berbasis IT untuk siswa kalangan Playgroup, TK, dan SD. Namun beliau menuturkan akan kekhawatiran pembajakan produknya yang bisa menghambat keunggulan produk yang dia geluti sekarang www.cyberkidz.webs.com.

Kesimpulan dialog kedua bahwasanya Suara Surabaya FM tidak ingin menua, tergilas oleh kemajuan jaman, akan tetapi mencoba mencari inovasi serta melayani komunitas. Selepas dialog kedua pukul 12.15 wib, sang MC pun membagi - bagikan doorprize kepada para pengunjung yang saat sesi pertanyaan aktif bertanya.

Barulah para peserta melangsungkan ISHOMA ( Istirahat Sholat Makan ). Dialog IT diakhiri pukul 14.00 wib.

Bagi - bagi Stiker pada stan TPC















Foto bareng the heroes di depan stan komunitas blogger TPC















Suasana dialog IT













Para the heroes menyambangi dialog IT di empire palace













Ramah tamah pada acara seminar itu menyenangkan