• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Solat dan Sandal

Solat dan Sandal @};-


Hmmm...Sandal dan solat, ada apa yah ?? Begini ceritanya, ini merupakan pengalaman pribadi saat melaksanakan ibadah solat jumat tanggal 22 Juni 2007. Sepulang dari jumatan, saya dibingungkan dengan hilang nya sandal saya. Ok, saya berasumsi mungkin sangking banyak nya sandal para jamaah maka sandal saya ketutupan dengan sandal orang lain. Akhirnya saya cari lagi. Namun setelah diublek ublek, sandal saya pun tetep gak ketemu. Yup..terlintas dalam hati saya pikiran licik yakni ingin mengambil sandal orang lain aja lah. Tapi akhirnya pikiran itu segera sirna.(saya inget pesen ustad jefry : selalu berbuat jujur..hehehe :) ). Dan kemudian muncul lah pikiran, seperti ini pikiran saya jika digambarkan dengan kata kata : wes nyeker ae lah, karo ngenteni jamaah liyane mulih sik, kan aku isin (udah tanpa alas kaki aja, tapi nunggu jamaah lain pulang dulu, saya kan malu). Meski rumah saya gak seberapa deket dengan ni masjid,namun saya berencana pulang tanpa alas dan akhirnya saya masuk lagi di dalam masjid (beranda masjid) sambil duduk bersila menengadah ke hadirat Illahi dengan penuh keihklasan dan kesabaran (hehehe..kayak sinetron hidayah aja ye). Kemudian muncul sesosok bapak bapak dan anak perempuan nya yang bingung juga mencari sandal, seketika itu saya bangkit dari posisi duduk dan melihat aksi mereka, tak disangka anak perempuan itu menjelaskan kepada bapak nya bahwa sandal yang tadi dia pake adalah yang itu (menunjuk sebuah sandal warna hitam polos) dan bukan sandal yang dia pake itu. Astaga itu kan sandal saya (yang dipake si bapak) dalam hati. Saya pun menghampiri si bapak dan si anak ini, si bapak nampak hendak memulai pembicaraan, akhirnya saya yang memulai pembicaraan : maaf bapak, itu sandal saya.. Si bapak : maaf maaf dek, saya tadi lupa pke sandal apa, karena terburu buru, tapi sepertinya sama kayak punya adek.. saya pun mengiyakan permintaan maaf si bapak dan bergegas balik. Gak jadi nyeker deh..

Hikmah yang bisa diambil : jika kita sabar dan ikhlas, maka Allah akan memberikan jalan kepada UmatNya. Dan jika tadi saya berpikiran untuk memakai sandal orang lain, maka saya pun berdosa dan yang hilang sandal nya pun juga sedih dan menderita seperti yang saya alami.@};-