• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Sukuk Negara Ritel SR-002













Alhamdulillahirabbil Alamin..


Sukuk Negara Ritel Seri SR-002 tahun 2010 kembali diterbitkan oleh pemerintah Indonesia di pasar perdana. Pengelolaan Sukuk dilakukan agen penjualan yang ditunjuk Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Guyuran hujan di kota Surabaya pada malam ini (25 Januari 2010), tak menyurutkan keinginan saya tuk menghadiri gathering penawaran Sukuk oleh agen penjualan BANK PERMATA, bertempat di Hotel kawasan jalan raya darmo. Undangan ini terasa begitu dinanti, mengingat akan ada saja wawasan baru yang dapat dipelajari meski nanti saya tidak mengambil pemesanan sukuk, yang per unit ditawarkan dengan harga Rp.1.000.000. Upss..Namun bukan keikutsertaan saya atau tidak pada Sukuk yang akan saya bahas, akan tetapi sekelumit konsep Sukuk yang akan dibahas..

Hall Lantai 2 tampak berseliweran orang dengan ragam latar belakang. Mulai dari pebisnis hingga pegawai BUMN, dan bahkan kalangan akademisi seperti saya..hehe..Sebelum memasuki ruangan acara, undangan yang hadir diwajibkan mengisi buku tamu dan selanjutnya diberi buku memorandum informasi dan beberapa bundel kertas. Buku maupun kertas tersebut berisi informasi mengenai sukuk negara ritel seri SR-002 yang seluruh materinya langsung dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan RI dan tata cara bergabung.

Para pembaca yang budiman, saya haturkan salam dan selamat menikmati bahan bacaan tanya jawab yang secuil ini..

Apa toh Sukuk itu ?

Sukuk Negara Ritel (SUKRI) merupakan salah satu bentuk alternatif investasi di pasar keuangan. Tentunya bagi anda yang memiliki dana ngendon atau nganggur maka bisa merasakan keuntungan benefit pada tahun ketiga, tahun 2013.

Apa tujuan pemerintah menerbitkan SUKRI ?

SUKRI diterbitkan dengan tujuan untuk membiayai anggaran pendapatan belanja negara (APBN).

Siapa yang dapat membeli SUKRI ?

SUKRI dijual kepada individu atau perseorangan warga negara indonesia melalui agen penjualan. Dan untuk institusi dan individu warga negara asing dapat membeli SUKRI di pasar sekunder melalui bursa atau non bursa.

Keuntungan yang didapat bila membeli SUKRI ?

Pembeli berhak mendapatkan imbalan dari pemerintah Indonesia sebesar 8,7% setiap bulan. Ilustrasi singkat : minimal pembelian SUKRI per-unit : Rp.1.000.000, maka imbalan yang dibayar setiap bulan kepada investor adalah 8,70% x 1/12 x Rp.1.000.000 = Rp.7250. Itu kalo anda beli Rp.1.000.000, kalau 1 Milyar..hehe..

Apa ada risiko investasi SUKRI ?

Menurut saya pribadi selepas mengikuti talkshow yang dipandu oleh Batavia Investmen Prosperindo, SUKRI tidak mengakibatkan dampak atau risiko, mengingat pemberian imbalan dijamin Undang - undang.

Kapan jadwal penerbitan SUKRI ?

Berikut informasi jadwal penerbitan SUKRI Seri SR-002 yang saya baca dari memorandum informasi :
  1. Masa penawaran : 25 Januari 2010 - 05 Februari 2010.
  2. Penjatahan : 08 Februari 2010.
  3. Setelmen : 10 Februari 2010.
  4. Listing pada Bursa Efek Indonesia : 11 Februari 2010.
Apa anda berminat untuk berinvestasi dengan SUKRI ? Kalo saya belum mampu berinvestasi macam SUKRI ini, lah saya masih berstatus akademisi..hehe..Apapun pilihan pembaca mengenai berinvestasi pada SUKRI,Saham, Reksadana, Deposito, dan alternatif investasi lainnya, silahkan dijawab sendiri, kalau perlu dalam hati jawabnya..hehe. Tulisan ini tidak untuk mempengaruhi pembaca sekalian untuk bergabung, hanya sekelumit informasi untuk menambah wawasan kita semua..

Para pembaca bisa memperolah informasi detail pada buku memorandum informasi yang diluncurkan pemerintah RI setebal 32 halaman dengan bertanya kepada agen penjualan yang ditunjuk pemerintah RI, bisa bank atau perusahaan efek terdekat untuk bisa mendapatkan buku tersebut.

Selamat berinvestasi para pembaca sekalian..
Salam perjuangan !!!