• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Profile Pembuat Fitna

Seorang Politisi Belanda "Geerts Wilders" merilis film kontroversial berjudul FITNA di depan publik. Film yang berdurasi 17 menit itu memuat potongan Al Qur'an diantara nya Pidato Ulama Radikal Islam, tindak kekerasan Islam.

Film ini resmi dirilis di internet pada tanggal 27 Maret 2008 dan penayangannya melalui video upload situs LIVELEAK.

Perdana Menteri Belanda Jan Peter Balkenende mengatakan, film itu secara keliru mempersamakan Islam dengan tindak kekerasan.


Wartawan BBC Geraldine Coughlan dari Den Haag melaporkan, Geert Wilders mengatakan : " dia tidak menghendaki filmnya menjadi provokasi. Sebaliknya, dia ingin membicarakannya dalam perdebatan dengan umat Islam".

Film Fitna dimulai dengan gambar al-Qur'an dan gambar-gambar Serangan 11 September 2001 di New York.

Film ini memuat rangkaian klip yang mengguncang perasaan dari arsip media dan headline berita, serta pendapat Geert Wilders, 44 tahun, bahwa Islam berbahaya bagi Barat.

Pada hari Jumat, seorang hakim Belanda menyidangkan petisi sebuah organisasi muslim yang menghendaki peninjauan independen atas film Fitna, untuk menyimpulkan apakah film itu melanggar undang-undang mengenai pernyataan kebencian.

Namun, para pakar mengatakan, film itu tampaknya tidak menyinggung Islam dan mereka berpendapat film Geert Wilders ini tidak akan memicu tindak kekerasan.

Ketegangan terkait publikasi film Wilders ini merebak, sementara seorang politisi Belanda keturunan Iran mengumumkan dia sedang memproduksi film komedi tentang kehidupan Nabi Muhammad.


Ingin mengetahui lebih dekat politis Belanda yang menayangkan video FITNA klik disini



Sumber inspirasi 1, 2

Menkominfo blokir FITNA Youtube

Salah satu penyedia layanan internet yakni XL akhirnya nurut kepada surat ultimatum dari Menkominfo untuk memblokir akses situs dan blog yang memuat film Fitna. Situs yang di blokir XL antara lain :

  • YouTube
  • MySpace
  • MetaCafe
  • Rapidshare

Berikut adalah surat pengumuman pemblokiran yang dikeluarkan XL dalam situs resminya.

Pemblokiran Situs yang Memuat Film Fitna

Atas permintaan Menteri Komunikasi dan Informasi No.84/M.KOMINFO/04/08 tanggal 2 April 2008, kami menutup akses situs dan blog yang memuat film Fitna.

Untuk itu pelanggan XL tidak akan bisa mengakses situs-situs sbb, sampai ada pemberitahuan selanjutnya:

* You tube
* My Space
* MetaCafe
* Rapidshare

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, agar maklum adanya.

Terimakasih.

Manajemen XL

Lain hal nya dengan Indosat yang belum melakukan pemblokiran YouTube, dan akan bergerak jika ada instruksi dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII).

Dan menanggapi ultimatum Menkominfo, PT TELKOM juga masih belum mengambil langkah pemblokiran terhadap YouTube atau situs lain yang memuat Fitna. Mereka memberi alasan akan mempelajari ultimatum terlebih dahulu.

Menkominfo Mohammad Nuh telah mengirimkan surat resmi kepada segenap pengelola penyelenggara jasa internet untuk memblokir akses ke situs dan blog penyebar film Fitna.

Surat edaran itu dikirimkan kepada 146 internet service provider (ISP) dan 30 network access provider (NAP) di tanah air.

Alasan yang diajukan dalam surat tersebut adalah potensi film Fitna menimbulkan gangguan hubungan antar umat beragama dan harmoni antar peradaban tingkat global.


Download Surat Pemblokiran Depkominfo disini


sumber inspirasi 1, 2, 3, 4