• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Keindahan Batik Indonesia dan Harajuku Jepang

Batik merupakan kain dengan corak yang dihasilkan oleh wax yang diaplikasikan diatas kain, memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia khusus nya orang Jawa sejak lama.

Kata Batik berasal dari bahasa Jawa 'amba' yang berarti menulis dan titik berasal dari Jawa.

Pengaruh batik Indonesia bagi Jepang, antara lain warga Jepang mengakui batik dengan berbagai corak nya sebagai bagian dari karya budaya bangsa Indonesia sejak ratusan tahun lalu.

Pakaian batik terutama kemeja telah dikenal luas oleh masyarakat Jepang. Warga Jepang kerap memakainya kala memasuki musim panas karena tergolong sederhana yang terbuat dari bahan tipis sehingga disukai sebagai pakaian sehar- hari. Disamping itu pakaian batik dijadikan pakaian resmi oleh negeri Sakura tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa kekayaan budaya kita bisa menjadi wawasan dan pengetahuan bagi bangsa negera lain.

Lalu bagaimana keindahan Harajuku ?


Arti kata Harajuku sebenar nya sebutan populer untuk kawasan sekitar stasiun JR HARAJUKU, DISTRIK SHIBUYA, TOKYO. Dan di kawasan itulah para anak - anak muda Jepang berkumpul.

Pengaruh Harajuku Jepang bagi Indonesia yakni masyarakat Indonesia khususnya artis telah meniru gaya dan mode harajuku, sebut saja Agnes Monica dengan penampilan khas harajuku ketika sedang tampil di panggung, begitu pula dengan Duo Maia dan Meicha yang juga sering berdandan ala harajuku. Gaya ini menjadi tren di kota besar di Indonesia, anak muda - mudi berbandan ala harajuku.

Pertukaran kebudayaan ini sangat mencolok di kedua negara yakni Jepang dan Indonesia. Warga Indonesia merasa cocok bergaya harajuku yang gaya nya bebas mengekspresikan diri sementara masyarakat Jepang senang dengan busana batik yang memiliki keragaman corak dan keindahan.

Selamat Ulang Tahun PSSI ke 78











Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia ( PSSI ) hari ini, Sabtu 19 April 2008 berulang tahun ke 78.

Semoga Semakin berjaya PSSI !!!