• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Keindahan Batik Indonesia dan Harajuku Jepang

Batik merupakan kain dengan corak yang dihasilkan oleh wax yang diaplikasikan diatas kain, memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia khusus nya orang Jawa sejak lama.

Kata Batik berasal dari bahasa Jawa 'amba' yang berarti menulis dan titik berasal dari Jawa.

Pengaruh batik Indonesia bagi Jepang, antara lain warga Jepang mengakui batik dengan berbagai corak nya sebagai bagian dari karya budaya bangsa Indonesia sejak ratusan tahun lalu.

Pakaian batik terutama kemeja telah dikenal luas oleh masyarakat Jepang. Warga Jepang kerap memakainya kala memasuki musim panas karena tergolong sederhana yang terbuat dari bahan tipis sehingga disukai sebagai pakaian sehar- hari. Disamping itu pakaian batik dijadikan pakaian resmi oleh negeri Sakura tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa kekayaan budaya kita bisa menjadi wawasan dan pengetahuan bagi bangsa negera lain.

Lalu bagaimana keindahan Harajuku ?


Arti kata Harajuku sebenar nya sebutan populer untuk kawasan sekitar stasiun JR HARAJUKU, DISTRIK SHIBUYA, TOKYO. Dan di kawasan itulah para anak - anak muda Jepang berkumpul.

Pengaruh Harajuku Jepang bagi Indonesia yakni masyarakat Indonesia khususnya artis telah meniru gaya dan mode harajuku, sebut saja Agnes Monica dengan penampilan khas harajuku ketika sedang tampil di panggung, begitu pula dengan Duo Maia dan Meicha yang juga sering berdandan ala harajuku. Gaya ini menjadi tren di kota besar di Indonesia, anak muda - mudi berbandan ala harajuku.

Pertukaran kebudayaan ini sangat mencolok di kedua negara yakni Jepang dan Indonesia. Warga Indonesia merasa cocok bergaya harajuku yang gaya nya bebas mengekspresikan diri sementara masyarakat Jepang senang dengan busana batik yang memiliki keragaman corak dan keindahan.

21 comments:

nothing said...

batik ki cen apik. mulai soko pekalongan solo, jogja, cirebon, meduro, malang, sidoarjo, sampe banyuwangi...

dy said...

itu batik jepang apa proses pembuatannya sm juag ya pak pake alat yg namanya canting gitu soalny jepang kan modern bgt negaranya...

Anonymous said...

gimana yaw kalau harajuku tapi motif batik tapi warna batik yang warna-warni dan cerah..????
hehehehehehe................

a-one said...

salam kenal, saya jual batik nih

ITDOT said...

batik indonesia memang indah tapi akhir ini batik itu tidak lagi populer.
waduh kalo begini truusss bisa punah ni batik indonesia
http://itdot-tutorial.blogspot.com

Anonymous said...

sekarang batik sudah mendunia n indonesia smakin dikenal.

pdf said...

Makasih atas infonya....

-----------------------------------
artikel kesehatan
download pdf jawapos
yoga
yoga
review

Sri Swami Sivananda said...

Maaf numpang ngelink....

-----------------------------------
artikel kesehatan
download pdf jawapos
yoga
review

Sri Swami Sivananda said...

Maaf numpang ngelink. Saya akan pasang pasang backlink untuk blog ini di semua blog saya. Mohon jangan dihapus semua link saya. Terima Kasih banyak atas bantuannya.

-----------------------------------
BitDefender
Cheap Softwares

aci said...

Indonesia memang unik, menarik, dan antik :)

J. Ganang Andi said...

Wah.. Cukup OK konten dan gambarnya...!
Saya kadangkala kunjungi situs ini lho..!
Coba deh... Kita dapat saling berbagi INFO seputar jelajah situs..

Nih...ada salah satu INFO...sebuah situs blog yang saat ini sedang jadi perbincangan para “netter” Indonesia...Iya,.. karena blog ini UNIK, MENARIK dan.. BEDA ..! (kata orang2)

Namanya “BLOG BERITAHARIANKU” ...Disini alamatnya...KLIK AJA..: http://www.beritaharianku.blogspot.com (atau di “copy – paste “ aja)

Ganang Andi – Kunjungi situs saya juga ya..disini : http://www.mesinuangku.com

Ayu Tri said...

wah orang jepang aja mau pakai batik , kenapa kita tidak??

hidup batik Indonesia

batiknovita.com said...

Memang.... batik Indonesia (khususnya Pekalongan)... Top Markotob...
Makasih infonya... :)

bagindo said...

Semoga pemerintah cepat tanggap karena perlu tanggap darurat ya, misalnya dengan memperbanyak usulan ke UNESCO agar diakuri sebagai warusan budaya dunia seperti halnya batik keris dan angklung. Biar tidak diklaim sama negara tetangga lagi :) Namun jangan lupa juga agar generasi muda Indonesia turut menjaga dan memelihara kebudayaan nasional kita

Gugus said...

harajuku pake motif batik ... boleh juga :D
ada yang pernah nyoba?

Museum Batik Danar Hadi Solo

rental komputer surabaya said...

ini nich salah satu kebanggaan negara kita,, kain batik..

Anonymous said...

However, the truth is that designer handbags are not cheap and you need to spend a good sum to get one for yourself.Still, it has mulberry discount be said that most women pay over the mulberry bags sale for their designer bags. You can get an authentic designer handbag at a discount from an online store.

huang said...

You know, if theautomotive batteries is dead, you have to buy another one to replace it. So if you maintain it carefully, you can avoid buying a new ups battery. Besides, good maintenance may prolong your gel battery life.

konsultan pajak said...

waahahaha boleh juga, style baru. jadi makin keliatan meriah batiknya :D

Cara Menyembuhkan TBC said...

wih keren sob, thanks atas iformasinya

Agen Vimax Asli said...


Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli
Agen Vimax Asli

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com