• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Makna Pengorbanan

Foto diatas diambil saat pengajian pertama kali yang cempluk ikuti


Pagi tadi jam 09.00 wib, cempluk diajak sang ayah untuk menghadiri undangan pengajian eksekutif. Ikutlah cempluk di pengajian rutin digelar setiap bulan di minggu kedua ini..Ngomong ngomong soal pengajian yang saya ikuti ini, merupakan bukan kali pertama saya hadir, tapi kali ketiga. Dengan pembicara yang sekaligus trainer mafahim learning center ini yakni Mr. Tun Kelana Jaya. Bertempat di lantai 3 rumah makan nur pacific, acara dibuka oleh mc dengan bacaan ayat Al Quran.


Cukup mengejutkan manakala saya duduk di sebuah meja berbentuk lingkaran, ada seseorang yang menyapa duluan :

Si bapak : Cempluk yah ??
Saya : masih gak konsentrasi..( abis duduk langsung ngeluarin kamera )
Si bapak lagi : Cempluk ??
Saya : oiya pak, bener saya cempluk..*heran*

Wew..Saya kaget kepalang, ternyata belum kenal saya secara langsung namun bisa bertemu di tempat pengajian. Subhanallah.. Btw, nama bapak yang mengenal saya lewat internet ini adalah bapak Fauzan, beliau bekerja di lab medik RS Haji. Kami pun saling mengobrol, mulai dari pertanyaan mendasar : cempluk kul/ker ? sampai berdiskusi santai dengan si bapak mengenai Palestin - Israel..


Pengajian kali ini membahas mengenai Makna Pengorbanan. Dimana ditekankan bahwa pengorbanan bisa dilakukan dengan harta, jiwa, waktu, serta harga diri. Dimana dari 4 elemen tersebut memiliki 2 dimensi : dimensi karena mengharap ridho Allah atau dimensi yang bukan ridho Allah. Maksud nya apakah pengorbanan yang kita lakukan ini dilandasi oleh IKHLAS dan SABAR ?? Itu bisa kita tanyakan pada hati kita masing masing sebagai seorang muslim yang mengharap ridho Illahi.

Ingin mendownload artikel pengajian ini silahkan klik disini