• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Surabaya Green and Clean Award

Surabaya Green and Clean tahun 2008 merupakan kompetisi di bidang kebersihan, penghijauan, dan kesehatan antar kecamatan di Kota Surabaya.


Pada tanggal 20 Juni 2008 telah dilaunching oleh Walikota Surabaya Bapak Bambang DH di lapangan Rusun Penjaringansari - kelurahan Penjaringansari - kecamatan rungkut dengan pemasangan komposter resapan - BIOPORI secara simbolis. Acara launching ini juga dihadiri oleh kader lingkungan sekecamatan, kader PKK, dan pejabat terkait Pemkot Surabaya.

Menurut ketua program green and clean dari Jawa Pos Erry Suhariadi, penilaian ada beberapa kriteria :
1. Konsentrasi reduksi sampah meningkat menjadi 80 %.
2. Kontribusi terhadap lingkungan sekitar.
3. Kemampuan RT setempat untuk mengedukasi RT - RT lain yang belum menerapkan program yang dimiliki.
4. Penerapan sumur resapan ( biopori )
5. Pemanfaatan lahan kosong untuk ditamani berbagai tanaman.









Tujuan acara Surabaya green and clean yaitu mengajak warga masyarakat agar membenahi lingkungan masing - masing.







Green and clean award digagas dan diprakarsai oleh Jawa Pos Group, dan menjadi acara rutin setiap peringatan hari ulang tahun kota Surabaya. Piala yang akan diperebutkan dari tahun ke tahun itu bernama Green and Clean Award.

sumber inspirasi 1, 2
| picture taken from here

The Dynamic Tower Dubai

Sebuah menara berputar pertama di dunia akan dibangun di Dubai yakni The Dynamic Tower Dubai, yang disebut juga Rotating Tower. Pengerjaan rotating tower dimulai tahun 2008 dan diprediksi selesai pada tahun 2010.

Dan setelah pembangunan selesai di kota Dubai, maka dynamic architecture akan membangun menara bergerak tersebut di negara Moscow. Desain rotating tower di Dubai oleh arsitek David Fisher.

Bangunan menara canggih itu akan terdapat 80 lantai dengan ketinggian 420m / 1,380ft tall. Lantai ke 10 akan digunakan sebagai villa mewah bergaya apartemen, dilanjutkan pada lantai 35 sebagai rumah hunian, kemudian pada lantai 15 akan terdapat sebuah hotel ekslusif. Pada lantai 1 hingga lantai 20 akan dipakai sebagai ruang untuk umum dan perkantoran. Bangunan ini akan menjadi simbol baru di Dubai.



















Pergerakan The Dynamic Tower Dubai menggunakan 79 turbin raksasa yang berlokasi di masing - masing lantai. Dan pergerakannya akan memerlukan waktu 1 hingga 3 jam untuk berotasi penuh, yang mana memakan biaya $ 3.7m - $ 36m.

Gedung pencakar langit itu diestimasikan seharga $700m.