• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

The History of Disneyland
















Disneyland berada di Anaheim - California merupakan taman bermain pertama didirikan di dunia. Resmi dibuka pada hari minggu tanggal 17 Juli 1955. Ide pembuatan taman bermain Disneyland tercetus oleh Walter Elias Disney dan sang kakak Roy Oliver Disney kala sedang membawa anak - anak mereka ( Diane dan Sharon ) menyaksikan pertunjukan sirkus. Walter Elias Disney atau populer disapa Walt Disnye lahir pada tanggal 05 Desember 1901 di Chicago - Illinois dengan orang tua bernama Elias Disney dan Flora Call. Walt adalah seorang produser film, sutradara, animator, dan pengisi suara di Amerika Serikat.

Inspirasi datang tatkala mereka ingin membuat taman bermain impian ( magical park ) secara permanen bukan seperti pertunjukkan sirkus yang sering berpindah tempat dan tak ada kepastian waktu. Dan taman bermain tersebut diperuntukkan untuk anak - anak dan orang tua mereka agar bergembira bersama - sama.

Bersamaan dengan itu, banyak masyarakat sekitar yang melayangkan surat keapda Walt Elias Disney agar diperbolehkan mengunjungi studio Disney untuk bertemu tokoh Disney favorit mereka. Namun karena studio Disney, tempat ia bekerja tak bisa menawarkan banyak kepada pengunjung lalu dibangun lah patung tokoh Disney di dekat studio nya agar para turis bisa dengan leluasa mengambil gambar.

Lalu ide Walt berkembang dengan membuka area taman bermain kecil dengan kolam dan perahu yang bisa dikendarai. Tadi nya taman tersebut akan diberi nama Taman Mickey Mouse namun urung dan taman itu akhir nya diberi nama Disneyland.

Tahu akan potensi yang besar dari Disneyland, maka Walt membeli 730.000 meter persegi kebun jeruk dan pohon Walnut di Anaheim - California, konstruksi dimulai pada tanggal 21 Juli 1954 dengan biaya pembangunan Disneyland yaitu 17.5 million dollars. Disneyland selesai setahun kemudian yaitu pada tanggal 17 Juli 1955. Dan pada hari kedua Disneyland dibuka terdapat 3 orang pengunjung pertama yang dihadiahkan eksklusif oleh pihak Disneyland yakni tiket masuk seumur hidup untuk seluruh Disneyland di seluruh dunia. Mereka adalah David MacPherson, Michael Schwartner dan Christine Vess. Pembukaan Disneyland terdapat 18 atraksi, diantara nya ungle Cruise, Tomorrowland, Autopia, Mr. Toad's Wild Ride, dan the Mark Twain. Dan saat ini terdapat 60 atraksi.

Terdapat 8 taman bermain di Disneyland, antara lain : ADVENTURELAND, CRITTER COUNTRY, FANTASYLAND, FRONTIERLAND, MAIN STREET, U.S.A., NEW ORLEANS SQUARE, TOMORROWLAND, MICKEY'S TOONTOWN. Disneyland buka 365 hari tak terkecuali hari libur, hari besar, maupun musim panas.

Keluarga Walt Disney juga telah mengepakkan sayap dengan dibangunnya sebuah perusahaan Walt Disney ( The Walt Disney Company ), antara lain :
  • Walt Disney Pictures.
  • Walt Disney Studios di Burbank, California.
  • Radio Disney.
  • Disney Channel ( TV kabel ) : Disney Channel Asia
  • Disneyland Resort
  • Walt Disney World
  • Disneyland Resort Paris
  • Tokyo Disney Resort
  • Hong Kong Disneyland Resort
Untuk semua orang yang datang ke tempat bahagia ini – selamat datang. Disneyland adalah tempat anda. Di sini, berapapun umur anda, anda akan menikmati kenangan masa lalu, dan jiwa muda anda akan menikmati tantangan dan janji masa depan. Disneyland didedikasikan untuk ide yang cemerlang, mimpi dan fakta nyata yang telah membangun Amerika... dengan harapan bahwa sumber kebahagiaan ini akan menjadi inspirasi untuk seluruh dunia.
Kata bijak dari Walt Elias Disney, 17 Juli 1955






































































Construction History of Disneyland


Disneyland The Magical Park



sumber inspirasi 1, 2, 3 | sumber gambar 1, 2, 3