• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

TPC beri Diklat IT Program Untukmu Guruku 2009

Gelombang pertama DIKLAT IT program Untukmu Guruku 2009 Jawa Pos mulai digelar tanggal 30 dan 31 Januari 2009 lalu di ruang workshop Hi Tech Mall Surabaya. Para peserta yang semuanya guru itu diajarkan cara pengoperasian komputer, mengenalkan program microsoft office, menjalankan program Excel, Power Point, dan pengenalan internet. Seluruh peserta Diklat IT program Untukmu Guruku 2009 mendapatkan sebuah modul pembelajaran dari panitia.

Tugu Pahlawan.Com mendapat sesi mengajar Pengenalan Internet kepada para guruku tanggal 31 Januari 2009 pukul 13.00 wib. Workshop dilangsungkan pada 2 ruangan, dengan jumlah peserta tiap ruangan sekitar 25 orang guru yang berasal dari Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Ruangan pertama dipandu oleh Cempluk dan pada ruangan kedua dipandu oleh kak Sharon yang didampingi oleh rekan - rekan Tugu Pahlawan.com di setiap ruangannya.

Acara dimulai pukul 13.00 wib, dengan pemaparan slide materi Pengenalan Internet dari pemandu. Materi yang diberikan berkisar seputar sejarah internet, asal mula internet, pemanfaatan search engine untuk menemukan informasi berupa data mengajar, dan pembuatan e-mail. Semua materi tersebut telah ada pada modul pembelajaran yang telah disusun pihak panitia Untukmu Guruku 2009.

Peserta yang sebagian masih awam terhadap internet itu sangat antusias mengikuti sesi Pengenalan Internet. Para guru juga tak sungkan - sungkan untuk bertanya mengenai cara menemukan data mengajar yang diinginkan lewat search engine hingga pemanfaatan e-mail sebagai media komunikasi online antar sekolah.

Pukul 14.30 wib, para peserta dikenalkan cara pembuatan dan pemanfaatan e-mail. Namun sayang, terhadap kendala dalam membuat email. Tak semua peserta bisa membuat akun email, sebab server penyedia layanan e-mail tak mengijinkan membuat e-mail dalam banyak user dengan IP internet yang sama. Hingga disiasati dengan pemanfaatan penyedia layanan e-mail secara berbeda - beda tiap kelompok peserta. Hotmail, Yahoo, Gmail menjadi alternatif pembuatan layanan e-mail kepada peserta. Selesai membuat e-mail, peserta diajarkan tata cara berkirim dan membalas e-mail. Dan sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikat Untukmu Guruku 2009 Jawa Pos, para peserta diwajibkan mengirim e-mail kepada pemandu yang mana e-mail tersebut diprint sebagai bukti bahwa guru tersebut telah mengikuti DIKLAT IT. DIKLAT IT baru bisa diakhiri pukul 15.30 wib dari jadual sebelumnya jam 3 sore. Hal itu karena para guru tak ingin beranjak pulang dari pemaparan materi Pengenalan Internet.

Diklat IT program Untukmu Guruku 2009 diselenggarakan oleh Jawa Pos dan bekerjasama dengan Hi Tech Mall Surabaya dan Tugu Pahlawan.Com













Suasana DIKLAT IT di Ruangan 1, dipandu oleh Cempluk dan didampingi rekan - rekan Tugu Pahlawan.Com












































Suasana DIKLAT IT di Ruangan 2, dipandu oleh Kak Sharon dan didampingi rekan - rekan Tugu Pahlawan.Com