• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

TPC beri Diklat IT Program Untukmu Guruku 2009

Gelombang pertama DIKLAT IT program Untukmu Guruku 2009 Jawa Pos mulai digelar tanggal 30 dan 31 Januari 2009 lalu di ruang workshop Hi Tech Mall Surabaya. Para peserta yang semuanya guru itu diajarkan cara pengoperasian komputer, mengenalkan program microsoft office, menjalankan program Excel, Power Point, dan pengenalan internet. Seluruh peserta Diklat IT program Untukmu Guruku 2009 mendapatkan sebuah modul pembelajaran dari panitia.

Tugu Pahlawan.Com mendapat sesi mengajar Pengenalan Internet kepada para guruku tanggal 31 Januari 2009 pukul 13.00 wib. Workshop dilangsungkan pada 2 ruangan, dengan jumlah peserta tiap ruangan sekitar 25 orang guru yang berasal dari Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Ruangan pertama dipandu oleh Cempluk dan pada ruangan kedua dipandu oleh kak Sharon yang didampingi oleh rekan - rekan Tugu Pahlawan.com di setiap ruangannya.

Acara dimulai pukul 13.00 wib, dengan pemaparan slide materi Pengenalan Internet dari pemandu. Materi yang diberikan berkisar seputar sejarah internet, asal mula internet, pemanfaatan search engine untuk menemukan informasi berupa data mengajar, dan pembuatan e-mail. Semua materi tersebut telah ada pada modul pembelajaran yang telah disusun pihak panitia Untukmu Guruku 2009.

Peserta yang sebagian masih awam terhadap internet itu sangat antusias mengikuti sesi Pengenalan Internet. Para guru juga tak sungkan - sungkan untuk bertanya mengenai cara menemukan data mengajar yang diinginkan lewat search engine hingga pemanfaatan e-mail sebagai media komunikasi online antar sekolah.

Pukul 14.30 wib, para peserta dikenalkan cara pembuatan dan pemanfaatan e-mail. Namun sayang, terhadap kendala dalam membuat email. Tak semua peserta bisa membuat akun email, sebab server penyedia layanan e-mail tak mengijinkan membuat e-mail dalam banyak user dengan IP internet yang sama. Hingga disiasati dengan pemanfaatan penyedia layanan e-mail secara berbeda - beda tiap kelompok peserta. Hotmail, Yahoo, Gmail menjadi alternatif pembuatan layanan e-mail kepada peserta. Selesai membuat e-mail, peserta diajarkan tata cara berkirim dan membalas e-mail. Dan sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikat Untukmu Guruku 2009 Jawa Pos, para peserta diwajibkan mengirim e-mail kepada pemandu yang mana e-mail tersebut diprint sebagai bukti bahwa guru tersebut telah mengikuti DIKLAT IT. DIKLAT IT baru bisa diakhiri pukul 15.30 wib dari jadual sebelumnya jam 3 sore. Hal itu karena para guru tak ingin beranjak pulang dari pemaparan materi Pengenalan Internet.

Diklat IT program Untukmu Guruku 2009 diselenggarakan oleh Jawa Pos dan bekerjasama dengan Hi Tech Mall Surabaya dan Tugu Pahlawan.Com













Suasana DIKLAT IT di Ruangan 1, dipandu oleh Cempluk dan didampingi rekan - rekan Tugu Pahlawan.Com












































Suasana DIKLAT IT di Ruangan 2, dipandu oleh Kak Sharon dan didampingi rekan - rekan Tugu Pahlawan.Com





























14 comments:

iBnu said...

wah keren neh cempluk
ngajar para pengajar
:D

Just Bryan said...

Wah..syank aku kemarin hak ikut..

Frenavit Putra said...

Semoga acara semacam ini semakin banyak di selenggarakan. Sehingga Masyarakat semakin Melek Internet.

Buat Mas Andi Bagus.. Matur suwun banget da menyempatkan diri untuk bisa mengisi acara ini. Saya selaku perwakilan temen-temen TPC mengucapkan banyak-banyak Terima kasih.

Tetep semangat...

Raffaell said...

Wow, salute untuk TPC, program nya bagus bagus...

aCist said...

Asyik, fotoku nampang...
=))

Terima Kasih saya ucapkan buat masPluk

ayahshiva said...

wah salut deh

gempur said...

Alhamdulillah, akhirnya bisa akses juga blog ini setelah beberapa hari koneksi smart saya susah menembusnya.

Saya minta maaf mas ndak bisa mendampingi saat acara kemarin itu, karena memang kendaraan yang masuk bengkel. padahal saya sdh sangat bersemangat sekali.

Akiherry said...

Salam,
Sukses juga buat acaranya Mas...

Edi Psw said...

Wah, hebat nih.

Jiewa said...

Wih,,, Sharon kayak ibu Guru rek... :P

yoe said...

kerenn banget yaaa TPC eksis dalam melakukan pengembangan skill, liat ibu-ibu ajah masih mau belajar... biar ga kalah gaptek sama anak-anak nya.. hohoho.. hebaaaat temen-temen TPC, itu cempluk, trus yang pake baju item siapa ya, lupa namanya aku.. (dulu ke PB juga kan..yang dadah-dadah gara-gara kita misah busway..) hehe...

Ericova said...

wah sayang banget neh mas pengen berkontribusi tetapi berhalangan :(

Sri Swami Sivananda said...

Maaf numpang ngelink. Saya sudah pasang pasang backlink untuk blog ini di semua blog saya. Mohon jangan dihapus semua link saya. Terima Kasih banyak atas bantuannya.

-----------------------------------
Artikel Kesehatan
Download PDF JawaPos
Practical Lessons in Yoga
Review
BitDefender
Cheap Softwares

Vimax Suplemen Pembesar Mr.P Pria said...

artikelnya sangat membantu thanks for sharing
kunjungi web kami gan => www.vimaxkapsuloriginal.com

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com