• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Petronas Malaysia

Photobucket





Petronas kepanjangan dari Petroliam Nasional Berhad, merupakan perusahaan minyak dan gas di Malaysia. Didirikan pada tanggal 14 agustus 1974. Presiden dan CEO Petronas yakni Tan Sri Dato’ Mohd Hassan Marican.

Petronas telah tumbuh menjadi perpaduan penuh sebuah perusahaan negara yang menangani minyak dan gas dan masuk dalam rangking dalam 500 besar perusahaan negara terbesar di dunia pada majalah FORTUNE GLOBAL.

Photobucket

Perusahaan minyak dan gas tersebut membangun menara Petronas sebagai kantor pusat. Menara tersebut merupakan 2 buah pencakar langit kembar yang terletak di Kuala Lumpur - Malaysia. Penggunaan menara kembar petronas tidak hanya untuk perusahaan petronas saja, namun satu menara digunakan untuk umum, antara lain :
* Accenture
* Al Jazeera International
* Bloomberg
* Boeing
* Exact Software
* IBM
* Khazanah Nasional Berhad
* McKinsey & Co
* Microsoft

Menara tersebut dirancang oleh Caesar Pelli dan selesai dibangun pada tahun 1998 dengan tinggi 452 meter memiliki 88 lantai. Diantara kedua menara, dibangun sebuah jembatan ( dalam bahasa malaysia yakni Jejantas Udara ) yang menghubungkan kedua menara pada lantai 41 dan 42.

Photobucket












Sponsor Motorsport

Petronas juga menjadi sponsor utama pada tim sauber formula one dengan menyediakan pelumas dan bahan bakar untuk tim tersebut.

Peduli Masyarakat

Sebagai perusahaan besar dan sukses, petronas mendukung berbagai macam kegiatan sosial, kepedulian terhadap lingkungan, dan hasil pemikiran masyarakat dengan menawarkan berbagai program, antara lain : sahabat pemadam drug prevention programme, petronas streetmart programme, dewan filharmonik petronas ( dfp ) and malaysian philharmonic orchestra, galeri petronas, malaysian basketball promotions, program bakti pendidikan petronas, dan our world project. Juga terdapat program internasional, negara yang dituju antara lain : Egypt, Indonesia, Myanmar, Pakistan, Sudan, Turkmenistan, Vietnam.




















Pendidikan

Petronas menghadiahi sponsor bidang pendidikan dalam wujud pinjaman kepada para siswa yang belajar pada universitas lokal atau asing. Petronas unit yang bertanggung jawab dalam penanganan berbagai hal pendidikan yang disebut Education Sponsorship Unit ( ESU ). Sponsor tersebut dihadiahkan berdasarkan hasil akademis, latar belakang keluarga, kepribadian siswa. Para siswa akan diserap oleh petronas pada akhir masa studi yang mana setelah mendapatkan uang hasil bekerja pada perusahaan petronas, pinjaman tersebut akan dikembalikan.


Pada tahun 2004, menteri dalam departemen perdana menteri, Datuk Mustapa Mohammed mengumumkan bahwa petronas menyumbangkan RM 25 milyar ke harta negara.

sumber inspirasi 1, 2, 3 | picture taken from here