• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Surabaya Terapkan Green Lifestyle
















Perubahan iklim menjadi kian terasa di banyak negara, upaya memperbaiki kualitas hidup secara makro harus dilakukan sesegera mungkin oleh berbagai komunitas kreatif, masyarakat, juga pemerintah. Forum reboan Dewan Kota Surabaya diadakan pada hari Rabu ( 11 Februari 2009 ) di Gedung BP3S Jawa Timur.

Dengan mengangkat tema “Car Free Day: Sejauh Mana Manfaat bagi Warga dan Lingkungan Kota Surabaya”, 3 narasumber dihadirkan Dewan Kota Surabaya, Ir.Togar Arifin Silaban, MEng (Kepala Bappedal kota Surabaya), Achmad Basori (Komunitas Bike To Work Surabaya), dan Geraldi (Persatuan Insinyur Indonesia) guna mendiskusikan peran warga kota untuk menjaga lingkungan. Beragam komunitas kreatif turut memeriahkan forum reboan, salah satu nya yakni Komunitas blogger Surabaya | Tugu Pahlawan.Com.

Acara dibuka pukul 13.45 wib oleh Hermawan Some selaku moderator forum reboan. Bapak Togar Arifin Silaban mengutarakan mengenai Green Lifestyle pada masyarakat, sehingga bisa terwujud Green Society (komunitas peduli lingkungan) dan Green Party (mengkampanyekan lingkungan agar hijau). Langkah awal gerakan peduli lingkungan akan dijalankan Pemkot Surabaya berupa Car Free Day (hari bebas kendaraan bermotor) yang diadakan pada tiap minggu kedua dan keempat setiap bulannya di jalan - jalan padat di Surabaya.

Upaya mengkampanyekan lingkungan yang hijau dilontarkan bapak Achmad Basori dari komunitas Bike2Work Surabaya. Komunitas pekerja bersepada Indonesia ini memilih bersepeda ketika hendak ke kantor, hal itu bisa mengurangi polusi udara yang ditimbulkan asap kendaraan bermotor. Kendala Bike2Work ini terkait dengan tidak adanya lahan parkir untuk sepeda di kantor, juga sarana penunjang seperti shower, tempat ganti.

Penekanan akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup pada para pekerja kantoran turut disampaikan bapak Geraldi dari Persatuan Insinyur Indonesia. Diskusi menjadi ajang yang ditunggu - tunggu undangan yang hadir dan forum reboan baru bisa diakhiri pukul 16.00 wib.

Moderator :
Hermawan Some





















Pembicara I :
Ir. Togar. Arifin Silaban, MEng (Kepala Bappedal Kota Surabaya)
















Pembicara II :
Achmad Basori (Komunitas Bike2Work Surabaya)




















Pembicara III :
Geraldi (Persatuan Insinyur Indonesia)




















Undangan forum reboan :
Komunitas Blogger Surabaya | Tugu Pahlawan.Com