• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Solat dan Sandal

Solat dan Sandal @};-


Hmmm...Sandal dan solat, ada apa yah ?? Begini ceritanya, ini merupakan pengalaman pribadi saat melaksanakan ibadah solat jumat tanggal 22 Juni 2007. Sepulang dari jumatan, saya dibingungkan dengan hilang nya sandal saya. Ok, saya berasumsi mungkin sangking banyak nya sandal para jamaah maka sandal saya ketutupan dengan sandal orang lain. Akhirnya saya cari lagi. Namun setelah diublek ublek, sandal saya pun tetep gak ketemu. Yup..terlintas dalam hati saya pikiran licik yakni ingin mengambil sandal orang lain aja lah. Tapi akhirnya pikiran itu segera sirna.(saya inget pesen ustad jefry : selalu berbuat jujur..hehehe :) ). Dan kemudian muncul lah pikiran, seperti ini pikiran saya jika digambarkan dengan kata kata : wes nyeker ae lah, karo ngenteni jamaah liyane mulih sik, kan aku isin (udah tanpa alas kaki aja, tapi nunggu jamaah lain pulang dulu, saya kan malu). Meski rumah saya gak seberapa deket dengan ni masjid,namun saya berencana pulang tanpa alas dan akhirnya saya masuk lagi di dalam masjid (beranda masjid) sambil duduk bersila menengadah ke hadirat Illahi dengan penuh keihklasan dan kesabaran (hehehe..kayak sinetron hidayah aja ye). Kemudian muncul sesosok bapak bapak dan anak perempuan nya yang bingung juga mencari sandal, seketika itu saya bangkit dari posisi duduk dan melihat aksi mereka, tak disangka anak perempuan itu menjelaskan kepada bapak nya bahwa sandal yang tadi dia pake adalah yang itu (menunjuk sebuah sandal warna hitam polos) dan bukan sandal yang dia pake itu. Astaga itu kan sandal saya (yang dipake si bapak) dalam hati. Saya pun menghampiri si bapak dan si anak ini, si bapak nampak hendak memulai pembicaraan, akhirnya saya yang memulai pembicaraan : maaf bapak, itu sandal saya.. Si bapak : maaf maaf dek, saya tadi lupa pke sandal apa, karena terburu buru, tapi sepertinya sama kayak punya adek.. saya pun mengiyakan permintaan maaf si bapak dan bergegas balik. Gak jadi nyeker deh..

Hikmah yang bisa diambil : jika kita sabar dan ikhlas, maka Allah akan memberikan jalan kepada UmatNya. Dan jika tadi saya berpikiran untuk memakai sandal orang lain, maka saya pun berdosa dan yang hilang sandal nya pun juga sedih dan menderita seperti yang saya alami.@};-

40 comments:

vendy said...

hehe, bener juga, justru pas kapan hari tu aku meng-ikhlas-kan TA-ku, se-dikasih-Nya lah, eh, malah langsung dapet kelancaran.. :)

Si Jagoan Makan said...

Sebenernya ikhlaskan saja sandalnya, ntar tiba-tiba ada mahluk bersinar bawa tongkat, trus bilang. "Mas Cempluk, sebagai pengganti sandalmu, kau kuberi ganti sepasang sepatu NIKE" wah....lebih keren khan

* kisah di atas terinspirasi dari sinetronnya Ram Punjabi hehehe...

Hannie said...

hehehhh... untungggg aja sabar (atau terpaksa? :p) nungguin di mesjidnya. Jadi memang rezeki gak kemana ya mas.

Btw, yang bener rumahnya gak seberapa dekat apa gak seberapa jauh nih mas, hehehe...

w@hyu said...

kalo aku sih pernah nyeker beneran dari masjid gara2 sandal hilang. mungkin karena waktu itu aku kurang sabar menunggu kali ya. untungnya sih gak kepikiran ngambil punya orang lain :D

ada juga lho yg berprinsip spt ini : "tinggalkan yg buruk, ambil yg baik" dan itu diterapin pas ke masjid. alhasil berangkatnya pake sendal jelek pulangnya malah bawa yg bagus :D

CempLuk said...

#hannie : lumayan sih jarak masjid ma rumah..berarti kategori apa yah klo lumayan??hehehe..
#w@hyu : sip mas, jgn sampe nyuri sandal di masjid bisa2 dosa nya berlipat lipat.hehe..

JALOE said...

saya pun pernah mengalami seperti itu ..namun klau sy sih mana sabar :D

mey wekend mas

fahmi! said...

sorry OOT, anak perempuannya diajak jumatan? :D

raffaell said...

Kalo disini juga gitu, di masjidnya pasti ada warning hati hati sepatu anda hilang, tapi ngga pernah ilang hebatnya....

.:diah:. said...

hmm.. kyknya sih, mendingan pake sandal biasa aja klo mw Jumatan, kan gk perlu diliat dari sandalnya tapi kan dari hati yg tulus & iklhas tuk melaksanakan sbuah ibadah..*maaff bukan menggurui* ;)

Agam said...

Kalo sandalnya hilang, memang gak usah mengambil sandal orang lain. Aku dulu juga pernah ilang, waktu di Bali. Sholat jumat, eh, ternyata ilang, padahal itu mau pulang ke Surabaya. En akhirnya nyeker, sampe2 mampir ke toko sepatupun nyeker :)

iEn said...

kekekeke!! be patient will be good idea.. Insyallah.. orang yang sabar itu pasti akan menemuinya kejayaannya.. hehehehe.. :D

CempLuk said...

#fahmi! : spt nya si bapak rumah nya deket, jadi mgk pas di rumah ditegur anak nya dan balik ke masjid lagi.

angin-berbisik said...

wah beneran nih kek hidayah, hehehe, mau tayang kapan rencananya ? *becanda lho mpluk*

Dedi Kurniawan said...

Wah boleh nih di jadiin sinetron, judulnya: " Sketsa Kisah Sehabis Jum`atan" atau "Dalam Penantian Menunggu Sepasang Sandal " hi..hi just kidding yah mas :)

Anisa said...

Syukurlah gak jadi ambil sandal orang lain. Masih diingetin, masak habis sholat Jumat mau ngembat sandal orang lain...mending ceker.eh syukur gak jadi nyeker sandal dah ketemu.

Gmn UAS nya lancar ?

Nona Nieke,, said...

huh, gue pernah nyeker gara2 kehilangan sendal di mesjid..
bahkan pernah ilang sebelah..
akhirnya pake sendal belang2 deh..
heuheuheu xD

Nona Nieke,, said...

huh, gue pernah nyeker gara2 kehilangan sendal di mesjid..
bahkan pernah ilang sebelah..
akhirnya pake sendal belang2 deh..
heuheuheu xD

CempLuk said...

#anisa : uas nya kurang 3 matkul lagi bis itu libur...mohon doanya aja bunda nisa..tinggal ikhitar..
#nona nieke : kasihan deh loe niek...hehehe..bcanda ding..yang sabar aje n ikhlasin yeh.

Silvia said...

hehe bener bgt tuh. org sabar disayang Tuhan..

tukang ketik said...

good post bro

Kana Haya said...

heuhuehehe... pepatah orang sabar disayang Allah itu terbukti toh? xP

mashuri said...

doa orang yang teraniaya emang maqbul...

Fatah said...

Jum'at kamaren Abang temanku baru kehilangan motornya lo ! pas abis sholat Jum'at pula lagi :(

Minta doanya mas cempluk dong !

kayaknya doanya mas cempluk manjur tuh :)

Bintang said...

pernah denger katanya kalo ke mesjid tuh jangan pake sendal bagus2 nanti juga hilang...hehehe..mungkin bukan hilang kali yah tapi kejadiannya seperti yg kamu alami itu aja...

CempLuk said...

#bintang : pake sandal apapun pengaruh deh bunda..kan niat kita ikhlas utk ibadah..hehe..

ekowanz said...

kl kebetulan k masjidnya bw sepatu, ato sendal yg bagus, kl saya nyimpen d tempat yg rada tersembunyi :D ato titipin d t4 penitipan aj..

jardiq said...

Yo, sing penting sbbar

rime said...

gua pernah loh kayak gitu...

sendalnya baru beli trus langsung dipake tarawih.. untungnya malingny masih berbaik hati meninggalkan sendal jepit butut di sana, hehehe xD

*wah, gua pencuri juga dong ya kalo begitu*

Laksono said...

wah rejeki nggak kemana?

saya juga perna sholat id pulang nyeker... wes di ikhlasin ae...

CempLuk said...

#laksono : iya pak laks..saya sbrnya udah niat pulang nyeker..hehe

triadi said...

ikhlas ga ikhlas ya dah ilang mo digimanain lagi ya...

finkz said...

keren nih pengalamannya hehehehe..
aku jg pernah sih kaya gitu (sejenis lah, bukan sama ceritanya, wong aku cwe :P).. cuma udah keburu lupa, ga suka diinget2 :P

Kenji said...

Saya tuh dulu waktu kuliah juga sering kehilangan sandal, dan sampai sekarang masih tidak mengerti kalau banyak orang mengiyakan suatu kesalahan karena orang lain berbuat kesalahan itu juga...

tini said...

Blognya sangat menarik sekali & enak dilihat & enak dibaca, kembangkan selalu kreativitasnya!!!


Kami Jaringan UKM (Usaha Kecil Menengah) Online Indonesia hadir sebagai upaya mendorong terjadinya lingkage bisnis baik antar sesama pelaku usaha kecil & menengah (UKM) maupun dengan salah satu elemen daya saing usaha, yakni jaringan pasar. untuk membangun jaringan pasar
tersebut terdapat dua aspek yang harus dikembangkan, yakni membangun sistem promosi untuk penetrasi pasar dan merawat jaringan pasar untuk mempertahankan pangsa pasar. Pada usaha kecil ketidakmampuan mereka membiayai sisi hilir usaha tersebut disebabkan lebih besarnya investasi yang harus dilakukan relatif jika dibandingkan dengan skala usaha dan siklus usaha. Kehadiran Jaringan UKM Online Indonesia ini diharapkan bisa menjadi inisiator dalam mendorong lingkage bisnis dalam konteks penguatan daya saing usaha kecil (UK).
Jika anda tertarik bergabung dengan JARINGAN UKM ONLINE INDONESIA anda bisa mempelajari lebih dalam tentang JARINGAN UKM ONLINE INDONESIA DI SINI

JARINGAN USAHA KECIL & MENENGAH (UKM) ONLINE INDONESIA

windows of heart said...

asslmlkm

ternyata masih banyak orang jujur dan baik di dunia maya ini..
sehat selalu bro...
jazakumullah

Anonymous said...

emang bener loh kayak'y Allah selalu mendengar doa orang yang sabar N ikhlas. Q juga pernah ngalami waktu cowo'Q tau-tau ngilang pas Q dah mengikhlaskan tau-tau doi muncul N minta maaf alhamdulillah sekarang QT dah tunangan

pdf said...

Makasih atas infonya....

-----------------------------------
artikel kesehatan
download pdf jawapos
yoga
yoga
review

Sri Swami Sivananda said...

Maaf numpang ngelink....

-----------------------------------
artikel kesehatan
download pdf jawapos
yoga
review

Sri Swami Sivananda said...

Maaf numpang ngelink. Saya akan pasang pasang backlink untuk blog ini di semua blog saya. Mohon jangan dihapus semua link saya. Terima Kasih banyak atas bantuannya.

-----------------------------------
BitDefender
Cheap Softwares

Unknown said...

網頁設計 網路行銷 關鍵字廣告 關鍵字行銷 餐飲設備 製冰機 洗碗機 咖啡機 冷凍冷藏冰箱 蒸烤箱 關島婚禮 巴里島機票 彈簧床 床墊 獨立筒床墊 乳膠床墊 床墊工廠 產後護理之家 月子中心 坐月子中心 坐月子 月子餐 銀行貸款 信用貸款 個人信貸 房屋貸款 房屋轉增貸 房貸二胎 房屋二胎 銀行二胎 土地貸款 農地貸款 情趣用品 情趣用品 腳臭 長灘島 長灘島旅遊 ssd固態硬碟 外接式硬碟 記憶體 SD記憶卡 隨身碟 SD記憶卡 婚禮顧問 婚禮顧問 水晶 花蓮民宿 血糖機 血壓計 洗鼻器 熱敷墊 體脂計 化痰機 氧氣製造機 氣墊床 電動病床 ソリッドステートドライブ USB フラッシュドライブ SD シリーズ

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com