• Twitter
  • Buzz
  • Facebook


Dunia Remaja

Judul buku : ORTU, Kenapa Sih ?
Penulis : Blogfam
Penyusun : Benny Ramdhani dan Elsa V.
Penyuntingan Naskah :
Benny Ramdhani

Tebal buku : 156 halaman
Penerbit : Cinta, Bandung
Tahun Terbit
: 2006
Harga
: Rp.25.000,-

Jika kita remaja tak ingin menjadi Malin Kundang abad 21, buku dengan judul “ORTU, Kenapa Sih ?” merupakan jawaban untuk menyikapi kegamangan terhadap sikap orang tua yang kadang menurut kita super otoriter.

Dengan gaya bahasa yang lugas ala remaja metropolitan, penulis yang notabene anggota blogfam ( Blogger family ) mencoba untuk memberi suplemen solusi, dengan berbagai latar belakang yang berbeda : Lili Lengkana yang semasa SD dan SMP dihabiskan di daerah Menteng dan Cikini Raya Jakarta, Nunik Utami Ambarsari pernah berkecimpung di dunia teater dan mendapat predikat Penulis Sinopsis Cerita Terbaik, Ryu Tri yang baginya menulis adalah media yang paling tepat untuk mencurahkan isi hati dan pikirannya, Lafrania Taufik merupakan mahasisiwi Teknik Informatika ITB, Sylvia R. Agustini bekerja di Jakarta International School sebagai Library Staff, Eben Ezer Siadari berprofesi sebagai wartawan di Jakarta, Be Samiyono seorang wirausahawan, dosen serta konsultan bisnis manajemen, Gat merupakan seorang pelajar SMA di luar negeri, Iwok merintis karier jadi penulis saat SD - SMP, Ika Widyastuti merupakan mahasiswi yang sekarang sedang membuat skripsi, Prakoso Bhairawa Putera S memiliki nama pena Koko P Bhairawa, Irayani Queencyputri salah satu mahasiswi kedokteran serta memiliki hobi mendengarkan musik dan maniak internet.

Penulis melukiskan pengalamannya secara personal ketika menghadapi konflik dengan orang tuanya. Seperti penulis “Lili Lengkana” yang menceritakan hobinya bermain basket saat SMP, akan tetapi orang tuanya belum mengetahui tentang hobinya tersebut, dan suatu ketika Lili kecil bertanding basket hingga pulang larut malam, sehingga ayahnya yang mengetahui anaknya pulang larut malam langsung menampar pipi nya. Lain halnya dengan penulis “Ryu Tri”, dia menceritakan pengalaman temannya yang bernama Haya, diceritakan bahwa Haya mengidolakan Pas BAND sampai - sampai segala yang berhubungan dengan sang idola diburunya, yang akhirnya mengundang kekhawatiran orang tuanya, sang ayah memarahinya dan si Haya pun menangis, namun akhirnya si Haya menyadari akan kekeliruannya dan dia pun mengerti. Konflik yang diceritakan oleh penulis merupakan gambaran kisah saat anak – anak maupun remaja mereka, alhasil buku ini menceritakan konflik antara sang anak dengan kedua orang tuanya yang mana sang anak akhirnya menyadari betapa besarnya kasih sayang serta cinta yang diberikan sang orang tua kepada anak- anaknya.

Kumpulan cerita pengalaman pribadi yang ditulis ke dua belas penulis ini sangat menarik untuk dibaca, di dalam buku ini banyak berisikan himbauan yang digambarkan dalam tulisan. Banyak sekali nasihat yang bisa kita ambil, terutama bagi remaja dan orang tua. Bagi orang tua buku ini bisa menjadi panduan agar dapat menghindari terjadinya bongkahan keras di hati putra putrinya yang menginjak dewasa. Bagi remaja, penulis mengajak agar bisa menyadari tugasnya sebagai anak. Serta di dalam buku ini, diberikan trik maupun tips dalam menghadapi konflik serta cara penyelesaiannya sehingga terjadilah win – win solution yang baik.

Penyajian cerita dalam buku ini baik dan ceritanya pun mudah ditangkap. Penulis menyajikan masalah yang aktual dengan keseharian yang dialami oleh remaja maupun orang tua tanpa menggurui sehingga tidak membosankan dan jelas. Kekurangan dalam buku ini yaitu penulis tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga kurang bisa dinikmati para pembaca secara global.

Pastilah…dengan membaca buku ini akan membuka kran komunikasi antara orang tua dan anak yang selama ini sempat tersumbat. Selamat membaca!!

1 comments:

reseller said...

nice blog!
----------------
Nice Places to Visit and Computer Tutorials | Nice Places to Visit

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com