• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Nuzulul Qur'an

Nuzulul Qur'an

Nuzulul Quran terjadi setiap tanggal 17 ramadhan atau hari ini 29/09 dan peringatan ini merupakan momentum turun nya wahyu pertama Allah dari Loh Mahfudz ( tempat yang maha tinggi ) ke bumi yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah surat Al Alaq ayat 1-5 yang bila diterjemahkan menjadi :

1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan ( Iqro' )
2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya

Saat wahyu ini diturunkan Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira, ketika tiba-tiba Malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu tersebut. Adapun mengenai waktu atau tanggal tepatnya kejadian tersebut, terdapat perbedaan pendapat diantara para ulama, sebagian menyakini peristiwa tersebut terjadi pada bulan Rabiul Awal pada tanggal 8 atau 18 (tanggal 18 berdasarkan riwayat Ibnu Umar), sebagian lainnya pada bulan Rajab pada tanggal 17 atau 27 menurut riwayat Abu Hurairah, dan lainnya adalah pada bulan Ramadhan pada tanggal 17 (Al-Bara' bin Azib) ,21 (Syekh Al-Mubarakfuriy) dan 24 (Aisyah, Jabir dan Watsilah bin Asqo' ) [1]

So jangan hanya membaca Al Quran tapi senantiasa kita baca, kaji, pahami, dan kita aplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Maka kita akan menjadi orang yang bahagia dunia dan akhirat.amin allhumma amin.


Undangan Buka Bareng


Malam 17 ramadhan, cempluk gunakan untuk menghadiri undangan dari salah seorang blogger yang juga teman kuliah, kebetulan cempluk mendapati kiriman pesan dari ascrec pemilik blog http://ascrec-capricorn.blogspot.com via cbox atau shoutbox yang ada pada blog cempluk, yang isi nya sebagai berikut :

23 Sep 07, 05:43
ascrec: ndi ad undangan buka puasa dirumahQ tgl 28 dateng yo!

Dan kemarin 28/09 cempluk mendatangi kediaman rumah Ascrec untuk buka bareng. Namun sebelum nya cempluk telat datang, yang mana undangan nya jam 17.00 wib dan cempluk datang setelah solat maghrib. Maklum lah karena saat jam 16.00 - 17.30 wib cempluk masih kuliah. Setelah puas makan makanan yang terhidang, barulah di lanjutkan dengan solat tarawih berjamaah dan ceramah. Dan terakhir yaitu solat witir, yang mana kita sisipi Qunut karena ramadhan yang kita jalani telah setengah perjalanan.

Thanks El..

21 comments:

angin-berbisik said...

wah asyiknya,....cempluk mau bukbar nih...:)
btw, thanks loh utk info nuzulul quran nya? puasa2 gini dah sampai juz berapa mpluk?

CempLuk said...

# angin-berbisik : bukbar nya udah bunda kemarin.

ayahshiva said...

wah sayang tempat nya jauh dari rumahku, kalo gak pastinya aku ikutan buka bareng tuh

aLe said...

seep.,
mari kita berbenah bersama-sama.

btw itu cerita BukBer toh.,
tak kirain mo undang kita2..
mbok ya judulnya itu loh., :D

Aileena S.C.R.E.C said...

smoga diberi kesempatan lagi bikin acara yg sama...amin

sip...sip...postingannya

CempLuk said...

# ale : iya judul nya ambigu spt nya..hehehe

putri_angga said...

ini ceritanya, 2 posting jadi satu yah....

pas aku baru liat,,,
wah manteb euy mas cempluk, postingannya...
eh pas kebawahbawahnya...
lahhh kok ceritanya lain lagi,,,
gapapa lagi....

eh mas cempluk kul dmana si?

ai said...

postingan kita sama2 tentang bukber mas..hehe..

kiki said...

hehehe..
salam kenaal.. sering2 mampir yaa.. :)
anak TC jg to? angkatan brp?

PriyayiSae said...

o iya ya.. udah ke-17.
kok cepet bgt ya? gak terasa dah dapet sepatuh lebih :(

Novee said...

lagi musin bukber yah...
sip deh!

noki_afandi said...

ukber nih wah lumayan. ehm... tar malam nuzulul qur-an masak sih. waduh noki musti ikut tadarusan nih

david santos said...

thanks for posting, cempluk!
very good
have a good day

w@hyu said...

wah, baca postingan ini jadi merasa tersindir, soalnya aku tuh kalo baca Qur'an lebih mengutamakan khatamnya, dan jarang sekali berusaha memahami maksudnya.. makasih udah mengingatkan ttg ini :)

*btw banyak namaku ya di postingan ini :D

Nico Wijaya said...

hemm kl sy dibiasin ma guru ngaji dulu, setiap abis baca quran, baca artinya juga, biar paham.

-Fitri Mohan- said...

hehehehe, Ndi, komen box-mu preambule-nya lucu banget! met bukber ya Ndi.

CempLuk said...

# w@hyu : ya nama mas emang berarti wahyu kan..hehehe

de said...

mesjidnya tambah longgar hehe

ichaAwe said...

aku dah liat liputannya di blognya ascrec..trnyata kamu dateng toh... duh asiknya

Sri Swami Sivananda said...

Maaf numpang ngelink....

-----------------------------------
artikel kesehatan
download pdf jawapos
yoga
review
BitDefender
Cheap Software

Sri Swami Sivananda said...

Maaf numpang ngelink. Saya akan pasang pasang backlink untuk blog ini di semua blog saya. Mohon jangan dihapus semua link saya. Terima Kasih banyak atas bantuannya.

-----------------------------------
BitDefender
Cheap Softwares

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com