• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Fitur Baru Blogger.com 2008 : Scheduled Post & Blog List


Scheduled Post merupakan penjadwalan waktu post secara otomatis yang bisa kita atur sedemikian rupa sesuai keinginan kita.

Semisal kasus sederhana nya seperti ini : kita mempunyai waktu untuk nge blog, nge post artikel hari ini namun kita tidak mau dahulu untuk mempublish nya, ingin lusa atau lusa nya lagi, nah maka dari itu kita bisa memakai penjadwalan waktu yang diberikan oleh pihak blogger.

Cara melakukan penjadwalan posting secara otomatis ini bisa kita lakukan pada blogger in draft. Buka halaman blogger in draft - log in menggunakan user dan password seperti pada akun kita di blogger.com - posting - create - pada bagian bawah kolom write post akan ada sidebar kecil bertuliskan Post Options ( silahkan menjadwalkan kapan posting kita akan dipublish secara otomatis ).

catatan :

. reader comments :
allow - diijinkan untuk memberikan komentar pada postingan kita.
don't allow - pengunjung tidak diijinkan memberikan komentar pada postingan kita.

Backlinks :
allow : pengunjung diijinkan untuk backlinks
don't allow : pengunjung tidak diijinkan untuk backlinks.

Post date and time : kapan postingan ini akan diterbitkan, isikan tanggal serta waktu postingan akan terbit, maka secara otomatis nanti nya akan muncul postingan kita.


Peringatan : Scheduled post hanya berjalan jika kita log in pada blogger in draft @ http://draft.blogger.com.

Skrinsut tampilan cara penjadwalan posting kita :














Blog List menampilkan daftar link kepada favourite blog kita dengan bantuan optional icon. Bila link pada blog menggunakan ATOM atau RSS FEED, maka blog list dapat menampilkan waktu terakhir blog itu terupdate beserta most recent post.

Namun dalam menjalankan blog list ini kita harus mempunyai akun GOOGLE READER.

Cara menset blog list ini : Buka halaman blogger in draft - log in menggunakan user dan password seperti pada akun kita di blogger.com - layout - page element - add page element - Blog List - tambahkan alamat feed url blog anda, atau blog orang lain secara langsung atau dengan mengimport feed url ini kepada GOOGLE READER - Save changes . Ketika selesai menambahkan feed url maka blogger akan mendeteksi RSS FEED itu yang kemudian akan ditampilkan sebuah informasi terupdate dari alamat blog ( url feed ) yang anda masukkan.


Peringatan : Blog List hanya bisa digunakan saat kita log in pada blogger in draft @ http://draft.blogger.com.

Skrinsut cara menampilkan blog list :

step pertama

















step kedua





















step ketiga




















nb : Penggunaaan atau pengaplikasian blog list, rekan rekan blogger bisa lihat pada sidebar blog saya ini bagian paling kanan atas ada tulisan
feed blog tetangga.

1 comments:

M Fahmi Aulia said...

sekedar informasi, fitur ini mempunyai bug/error...

lengkapnya ada di sini (termasuk solusinya)

http://mfahmia2705.blogspot.com/2008/02/bug-di-draftblogger.html

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com