• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Libur Asyik Berkunjung PG Toelangan

Pabrik gula Tulangan, atau disingkat PG Toelangan (ejaan jaman dahulu kala) berdiri pada tahun 1850. PG Toelangan berada di kecamatan tulangan, kota Sidoarjo, propinsi Jawa Timur, Indonesia itu merupakan salah satu pabrik gula milik PT Perkebunan Nusantara X.

Hari minggu yang lalu (4/7/2010),saya mendapatkan momen istimewa untuk bisa masuk ke dalam pabrik gula Toelangan. Om Pri menawarkan pada kami untuk melihat proses mulai dari bahan baku tebu yang disetor para petani sampai menjadi gula.Dalam proses awal inilah seharusnya para petani sdh mensortir kualitas tebu yang dikirim ke pabrik antara lain :
- bersih dari daun - daun dan akar - akar tebu
- batang tidak termasuk pucuk tebu yang berwarna hijau daun   karena batang ini tidak berasa manis.
Selain akan mempengaruhi warna cairan gula,juga pengaruh rasa gula dan proses penghancuran batang tebu jadi terhambat. Sebaiknya petani menjadi sumber pertama yang mensortir mutu batang tebu sebelum dikirim ke pabrik.

Proses pengolahan tebu menjadi gula pasir membutuhkan alur proses yang panjang, dan membutuhkan pengawasan hati - hati oleh para pegawai yang bertugas. Apabila terdapat satu proses saja yang bermasalah, maka seluruh rangkaian pengolahan menjadi bermasalah pula.

Proses secara sederhananya seperti ini : dimulai dari memasukkan bahan baku, yakni tebu ke dalam mesin pembersihan dan pemotongan tebu, kemudian dilakukan proses pembersihan lagi. Pada proses pemerasan tebu tidak serta merta mengeluarkan air tebu murni, masih terdapat kotoran berupa tanah dan bagian tanaman tebu yang melekat, sehingga proses pemilahan air tebu memerlukan beberapa tahapan proses lagi. Seluruh rangkaian proses mengolah tebu menjadi gula pasir pada mesin - mesin di PG Toelangan masih menggunakan mesin buatan negeri Belanda tahun 1919, 1940, dan 1928. Bahkan bangunan pun masih asli arsitektur negeri Belanda. "Hmm..kokoh sekali yah buatan dari Belanda ini", gumamku. Selepas memilah air tebu maka dilakukan pengadukan pada bak penampung besar, dimana pada proses ini juga dimasukkan beberapa zat kimia tak berbahaya untuk bisa menghasilkan gula pasir berkualitas. Pengecekan kekristalan gula juga dilakukan oleh pegawai. Berdasarkan penuturan om Pri, bahwa di PG Toelangan merupakan pabrik gula paling tradisional dari seluruh pabrik gula yang ada di Jawa Timur.

Permasalahan tidak hanya proses yang berhubungan dengan mesin dan pegawai yang bekerja pada PG Toelangan. Hampir setiap saat, demonstrasi petani tebu yang mengeluhkan rendahnya daya beli bahan baku dari PG Toelangan selalu ada di kantor PG Toelangan, bahkan demonstrasi terjadi dari para pegawai sendiri yang menuntut kenaikan gaji.

Perlu diketahui juga bahwa PG Toelangan adalah pabrik yang bergerak dalam bidang jasa, dimana pendapatan perusahaan yang diterima berasal dari pemrosesan mesin bukan berasal dari pembuatan produk. Input berupa bahan baku berasal dari para petani dan output berupa gula pasir nantinya akan diambil dan dijual oleh para investor. Sedangkan PG Toelangan memperoleh pembayaran jasa pemrosesan dari penjualan tersebut.


Liburan sekolah akan bernilai positif dan bermanfaat bila digunakan untuk berekreasi sembari belajar, salah satunya di PG Toelangan ini kawan. Jadi, tak ada salahnya bila rekan - rekan pembaca budiman meluangkan waktu bersama keluarga/sahabat tuk mengunjungi PG Toelangan.

3 comments:

Berita Terkini said...

Mudah-mudahan kalau aku punya banyak waktu,kang boleh dung ajak saya saja di sana mungkin asyik atau lebih asyik lagi.

Ericova said...

wah saya baru tahu low mas cara proses buat gula kayak gt ternyata panjang banget ya.btw memang bangunan belanda kokoh tak tertandingi :p dipakai sampai jaman sekarangpun masih awet,g tau kenapa kok bisa gitu..nice info bro :)

Vimax Suplemen Pembesar Mr.P Pria said...

artikelnya sangat membantu thanks for sharing
kunjungi web kami gan => www.vimaxkapsuloriginal.com

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com