• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Museum Kesehatan Dr Adhyatma, MPH
















Sabtu lalu (15/11), Komunitas blogger Surabaya | TUGU PAHLAWAN.COM mengadakan kunjungan ke museum kesehatan yang terletak di jalan Indrapura nomor 17 Surabaya.

Museum santet ( julukan museum kesehatan dimata masyarakat Surabaya) dirintis oleh DR. Dr. Haryadi Soeparto, DOR, M.Sc tahun 1990. Pada hari selasa, 14 September 2004 Menteri Kesehatan RI Dr. dr. Siti Fadilah Supari, Sp.JP(K) meresmikan museum kesehatan dengan mana museum kesehatan dr. Adhyatma, MPH ( Surat keputusan menteri kesehatan RI nomor 1012/MENKES/SK/IX/2004).

Saat tiba di depan museum, para pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp.1500/orang dan akan diantar oleh seorang pemandu museum. Beragam koleksi alat - alat kesehatan tadisional dan modern dipajang dalam museum yang memiliki luas bangunan 755,82 meter persegi itu.

Koleksi benda - benda kesehatan yang ada pada museum menceritakan awal perkembangan kesehatan muncul hingga sekarang, beragam foto tokoh - tokoh kesehatan di Indonesia hingga mancanegara, sejarah pengobatan bangsa timur dan barat, pakaian dokter jawa, dokter spesialis, serta benda - benda yang unik, mistis pun dipajang pada museum kesehatan ( benda - benda unik dan mistis, antara lain : peta makhluk halus, celana anti pemerkosaan, alat kontrasepsi beragam bentuk dan ukuran, mikroskop, sneiltchart proyektor, peralatan operasi mata, braille, mantra - mantra kesehatan, jimat, pemotong tali pusat, tongkat vagina, aksesoris aura, jaringan operasi dukun, quija, jailangkung ninik towok, hingga air yang memiliki kekuatan majik ).

Dalam museum kesehatan dibagi dalam beberapa ruang pamer yang setiap ruangannya mempunyai ciri khas khusus mengenai ilmu kesehatan di dalam maupun luar negeri, antara lain :
1. Sasana Adhyatma
2. Sasana Kencana
3. Sasana Kesehatan Reproduksi
4. Sasana Genetika
5. Sasana Kesehatan Budaya
6. Sasana Fauna
7. Sasana Medik dan non Medik

Selepas puas mengamati dari museum kesehatan dari dekat, para the heroes pun berfoto bersama di depan pintu gerbang museum. ( redaksi cempluk media )

pintu gerbang museum kesehatan














jailangkung di museum kesehatan











tampak depan di sasana sejarah instansi














plakat perintis museum kesehatan



















tongkat vagina di museum kesehatan











celana anti pemerkosaan di museum kesehatan











alat kontrasepsi beragam bentuk dan ukuran











penghargaan yang diraih museum kesehatan














the heroes saat foto bersama di pintu gerbang museum kesehatan












picture taken from redaksi cempluk media and here

3 comments:

Sri Swami Sivananda said...

Maaf numpang ngelink....

-----------------------------------
artikel kesehatan
download pdf jawapos
yoga
review

Sri Swami Sivananda said...

Maaf numpang ngelink. Saya akan pasang pasang backlink untuk blog ini di semua blog saya. Mohon jangan dihapus semua link saya. Terima Kasih banyak atas bantuannya.

-----------------------------------
BitDefender
Cheap Softwares

Agunx Agoenx said...

Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

Tentang Indahnya INDONESIA

www.jelajah-nesia.blogspot.com

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com