• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Film Layar Lebar Drupadi

Artis kawakan Diandra Paramitha Sastrowardoyo atau disapa Dian Satrowardoyo dan Nicholas Saputra beradegan lagi di film layar lebar berjudul Drupadi. Film ini merupakan kolaborasi seni peran, musik, dan tari.

Film Drupadi disutradarai oleh Riri Riza yang merupakan produksi dari SinemaArt Pictures. Dijadwalkan akan tayang perdana pada ajang Jakarta International Film Festival, Desember 2008 mendatang, dan juga pada sejumlah festival di berbagai negara.. Bersama Mira Lesmana dan Wisnu Darmawan, Dian Sastrowardoyo juga bertindak sebagai produser dalam film layar lebar ini. Film Drupadi menampilkan Dian Sastrowadoyo sebagai Drupadi, seorang puteri raja dari Panchala yang dipertaruhkan dan dihina dalam sebuah permainan dadu. Dan Nicholas Saputra akan berperan sebagai Arjuna.

Turut serta pula Butet Kartarejasa yang berperan sebagai Sengkuni, paman dari Kurawa yang licik dan penuh muslihat, Dwi Sasono sebagai Yudhistira, Ario Bayu sebagai Bhima dan pendatang baru,si kembar Aditya Bagus Santosa dan Aditya Bagus Sambada berperan sebagai Nakula dan Sadewa. Pihak Kurawa sebagai representasi angkara murka dan musuh bebuyutan Pandawa dimainkan oleh murid-murid padepokan seni Bagong Kussudiardjo dengan dua pemeran utama, yakni Whani Darmawan sebagai Suyudana, dan Djarot B. Dharsana sebagai Dursasana. Sedangkan Donny Alamsyah berperan sebagai Adipati Karna, kakak tiri Pandawa yang ada di pihak Kurawa.

Pers Release Film Drupadi tanggal 21 Agustus 2008

Film ini mengangkat sepenggal lakon dari kisah klasik Mahabharata karya Mpu Vyasa asal India yang telah menyebar ke seluruh Asia, termasuk ke Indonesia. Jika lazimnya Mahabharata berkisah tentang perseteruan dua kelompok sepupu Pandawa dan Kurawa, maka film ini memilih sudut pandang Drupadi sebagai pusat dari seluruh cerita.

Syahdan, Drupadi digambarkan sebagai puteri raja Panchala yang lahir dari api (agni) dan diturunkan ke dunia untuk menemani Krisna untuk mengakhiri satu babak kehidupan manusia. Drupadi digambarkan sebagai seorang puteri tercantik di seluruh jagad, sehingga semua ksatria dari seluruh penjuru ikut berlomba untuk merebut hatinya. Dalam sebuah sayembara memanah, adalah Arjuna yang berhasil memenangkan pertandingan itu, meski akhirnya, karena sebuah takdir yang tak terelakkan, Drupadi menjadi isteri dari Pandawa.

Di sebuah permainan dadu yang penuh muslihat yang digelar oleh Kurawa, Drupadi dipertaruhkan oleh suaminya sendiri.

Dadu yang terbuat dari tulang manusia

yang telah binasa dengan sia-sia.

Dadu yang berdansa dengan mahir

dan memiliki segala daya sihir..


























Sumber inspirasi 1, 2 | sumber gambar 1, 2

7 comments:

prasta said...

wah, ternyata kebetulan sama euy

aku juga mosting tentang drupadi

liat aja di http://prasta.wordpress.com

sekalian mampir mpluk

kapanpun said...

foto cewek saya kok ada di pajang :) yayang DIAN ada di sini :D

Eky Dakka said...

wah kayaknya bgus neh film

Anonymous said...

pengin liat filmnya sebenarnya .....

di koran dikatakan kalo film itu menyinggung umat Hindu karena ketidaksesuaian beberapa adegan/skenario cerita dengan kisah mahabharata yang sebenarnya. Sebagai contoh di film itu dikatakan kalo Drupadi itu istri Arjuna, padahal yang saya tahu Drupadi itu istri Pandhawa (kelima-limanya).

iBnu said...

film yang sangat aku tunggu2
moga cepatan tayang...

Sri Swami Sivananda said...

Maaf numpang ngelink. Saya sudah pasang pasang backlink untuk blog ini di semua blog saya. Mohon jangan dihapus semua link saya. Terima Kasih banyak atas bantuannya.

-----------------------------------
Artikel Kesehatan
Download PDF JawaPos
Practical Lessons in Yoga
Review
BitDefender 20% Discounts
Cheap Softwares

arifinfo said...

wah saya kepengen banget nonton,dulu sempat lost info hiks30x

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com