• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Mari Selamatkan Bumi dari Kehancuran


Selamat hari Bumi.

Selamatkan kondisi bumi dari pencemaran, polusi yang manusia perbuat.

Semoga kondisi bumi kita yang makin tua semakin baik.




Sejarah Hari Bumi


36 tahun yang lalu, tepat nya tanggal 22 April 1970, hari bumi pertama kali diselenggarakan di Amerika Serikat atas prakarsa seorang senator bernama Gaylord Nelson.

Gagasan hari bumi Nelson dimulai saat berpidato di Seattle tahun 1969, mengenai desakan untuk memasukkan isu-isu kontroversial dalam hal lingkungan hidup. Dan akhir nya gagasasr tersebut mendapat dukungan yang mencengangkan dari masyarakat sipil.

Dukungan tersebut terus membesar dan memuncak dengan menggelar HARI BUMI yang monumental.

Kini hari bumu telah menjadi sebuat peristiwa global, para pelaksana peringatan hari bumi menyatukan diri dalam jaringan global masyarakat sipul untuk hari bumi yakni Earth Day Network yang berpusat di Seattle.


Di Indonesia, para aktivis lingkungan hidup telah mewarnai kecintaan terhadap bumi dari kerusakan, salah satu nya yakni WALHI ( Wahana Lingkungan Hidup Indonesia ), berdiri pada tanggal 15 Oktober 1980.

Berikut sejarah WALHI - Arus Utama Gerakan Lingkungan :

Kamis malam, tanggal 15 Oktober 1980, palu diketok, nama disepakati: Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI). Suasana haru malam itu, ketika peserta bergandeng tangan sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum penutupan. Lilin ditiup oleh Erna sebagai tanda bahwa acara telah usai. Deklarasi dilakukan bersamaan dengan penutupan konferensi Pusat Studi Lingkungan (PSL) seluruh Indonesia. Selain memutuskan pembentukan Wahana Lingkungan Hidup dengan mengadakan musyawarah periodik setiap dua tahun, juga dipilih sembilan anggota presidium periode 1980 – 1982 yang diketuai oleh Zen Rachman, dengan sekretaris eksekutif, Ir. Erna Witoelar.

4 comments:

Raffaell said...

yap, selamat hari bumi juga pluk.... btw dah berapa umur bumi yak ?

hawee said...

selamat hari bumi ! bumi semakin hari semakin tua dan semakin banyak menangis karena yang tinggal dibumi sudah kotor semua

Sri Swami Sivananda said...

Maaf numpang ngelink....

-----------------------------------
artikel kesehatan
download pdf jawapos
yoga
review

Sri Swami Sivananda said...

Maaf numpang ngelink. Saya akan pasang pasang backlink untuk blog ini di semua blog saya. Mohon jangan dihapus semua link saya. Terima Kasih banyak atas bantuannya.

-----------------------------------
BitDefender
Cheap Softwares

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com