• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Tarif di 13 Tol Indonesia Naik 20 %

Kenaikan tarif tol hari ini 04/09 nampaknya tak bisa dibendung oleh suara tangis maupun jeritan rakyat, terlebih lagi elemen kemahasiswaan yang menggelar demo pun tak digubris oleh pemerintah.

3 kebijakan pemerintah terkait jalan yakni : menaikkan tarif tol, pengelolaan dengan 5 golongan, dan sistem pemberdayaan dari sistem tertutup menjadi terbuka.

Menurut bapak Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, kenaikan tarif tol hingga 20 % telah mempertimbangkan banyak aspek diantaranya besaran kenaikan disesuaikan dengan nilai inflasi di masing masing jalan tol. Kenaikan ini berdasarkan Keputusan Menteri (Kepmen) PU No 37/KPTS/M/2007 pada tanggal 31 Agustus 2007.

Tentu saja kenaikan tarif tol ini akan memaksa para pengusaha angkutan untuk menaikkan tarif angkutan sebesar 10% dari tarif semula. SETUJU KAH JIKA TARIF TOL NAIK DI NEGERI YANG GENCAR AKAN KENAIKAN TANPA DIIMBANGI PERBAIKAN ?? -TANYA KENAPA PADA DIRI SENDIRI ??-

Berikut daftar tarif tol baru untuk golongan I

Ruas Lama -> Baru

Jagorawi 4.500 -> 5.500

Jakarta-Tangerang 3.000 -> 3.500

Tangerang-Merak 15.000 -> 18.000

Serpong-Pondok Aren 3.000 3.500

Dalam Kota 4.500 -> 5.500

Padalarang- Cieleunyi 4.500 -> 5.500

Cipularang 20.000 -> 24.500

Paimanan- Plumbon
Kanci 6.000 -> 7.000

Semarang Seksi A,B,C 1.500 -> 1.500

Surabaya-Gempol 3.000 -> 3.500

Surabaya- Gres 6.000 -> 7.000

Belawan-Medan

Tanjung Murawa 3.500 -> 4.500

Ujung Pandang Tahap I 1.500 -> 2.000


Sumber Inspirasi : 1, 2, 3, 4

24 comments:

- Nilla - said...

Untung aku jarang2 menggunakan tol!
Secara jg kalo ke kampus tinggal ngesot, nyampe! Hqhqhq... xD
Kalo tiap hari, mah... kerasa jg tuh ya mahalnya!
Apalagi utk anak kost kayak aku! Hikz...

CempLuk said...

# -nilla- : iya, mending naek angkot lebih hemat.

Nisa said...

gw juga nonton sekilas republik mimpi di metrotv itu... jalan tol naik tapi kok masih MACET? :P

JALOE said...

yup... benar mesti di imbangan dari segi pelayanan dsb..

CempLuk said...

# nisa : faktor macet meski di pertimbangkan utk menaikkan tarif tol.

aLe said...

itulah kenapa bnyk yang protes, sbnrny 10% khan dikit tuh, tp krn gak di imbangi dgn kinerja yg bagus ya sapa yg mau,, *siapa yg mau coba* :D

Raffaell said...

Trus kalo naek ? efeknya apa ?

aLe said...

eh kliru, yg diatas shrsnya 20% :D

CempLuk said...

# raffael : biaya sembako, ongkos angkutan umum pun naik.

'N said...

Kalo tolnya bayar, lewat sini ajah.. gratis lowwww :D

Dhona said...

Syukurlah di Pekanbaru belum ada jalan tol. Jadi imbasnya belum kerasa.

iDi@N - iPpEN said...

Ah Kalo gue mah gak terlalau ngaruh dengan Kenaikan Tarif jalan TOL, Asal Tarif angkutan gak Ikut naik, terutama jkt-bdg hehehehehe :D

lagian gue juga klo mo ke kantor seperti Nila, tinggal "ngesot" juga nyampe :P

CempLuk said...

# 'n : lewat mana mbak ?

[H][A][R][R][I][S] said...

Untung di jogja ga ada tol. jadi ga ngaruh sama gw. hahahahahaha....

ilma said...

tarif tol ya?
cukup meresahkan juga.. yang cuma deket jadi makin mahal tarifnya.

enaknya sih kalo jarak jauh.

akibatnya kalo jarak deket, ketemu macet lagi atau milih bayar lebih mahal.

hmm..kebijakan yang aneh.

Novee said...

yg paling ga masuk akal yah tuh yg jaraknya deket tadinya cuma 1.500 jadi 6.000. ini ngitung nya pk kalkulator mana siy...

gerry said...

saya cuma berpikiran positif aja deh..dan berdoa..semoga..

tapi dari dulu kayanya gw doa mulu nih buat Indonesia..mungkin blom saatnya perbaikan?

ato bahkan mungkin bukan di generasi kita? semoga tidak..

khuclukz said...

kok! semua pada bingung tarif tol seh! ati-ati lo tar jadi malah tol-ol, kayak di postingan nya kang kombor, tarif tol bikin tolol

angin-berbisik said...

hehehe, di smg jarang yg pake jalan tol...ada juga tarifnya cuman 1500...:) tapi ikut prihatin juga dengan nasib warga jkt yg tiap hari pake tol...makanya pada rame2 class action...., pokoknya eike dukung aja class action menggugat pemerintah!!!

bayou_oo said...

setiap perubahan pasti selalu mengandung 2 sisi,sisi positif dan negatif..

nah,skrg mana yg lebih besar porsinya pemerintah pasti udah punya analisanya.

Aileena S.C.R.E.C said...

ah aQ c gak terlalu ngeh ama yg begituan.....percaya aj dah am pemerintah toh jg demi kemajuan negara kita.....think positive dlu aj.

Dr Vina Revi said...

mungkin udah saatnya aku harus beralih naik onta!

w@hyu said...

untung tol bandara yg 2 gerbang itu gak naik.. tapi tol dalam kota tetap naik euy :(

hera.. tarifnya terus naik padahal pelayanannya gitu2 aja.. namanya doang yg bebas hambatan, padahal tiap hari harus sabar ngadepin macet :(

ichaAwe said...

untung aku gak tinggal di Indonesia ...hihihihhi

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com