Skip to main content

OMB @ Cempluk Campus

OMB @ Cempluk Campus

Libur pun si cempluk telah mendekati usai, hari ini tanggal 20/08 merupakan hari pertama mengambil FRS ( formulir rencana studi ) untuk semester depan ( jadi cempluk ngambil mata kuliah semester 5) dan alhamdulillah hasil IP yang cukup memuaskan membuat saya bisa mengambil 3 sks lagi dari 20 sks standar semester 5. Tapi penambahan sks ini, cempluk gunakan untuk mengambil mata kuliah yang mengulang, dimana saat semester 3 terdapat salah satu mata kuliah yang mendapat nilai cukup memprihatinkan yakni "D" mata kuliah "Ekonomi Teknik". Ok, masalah FRS telah saya selesaikan hari ini, tinggal disetujui oleh dosen wali hari rabu besok.

OMB ( Orientasi Mahasiswa Baru ) merupakan penyambutan yang diperuntukkan untuk mahasiswa baru 2007 sebagai ajang perkenalan mahasiswa terhadap lingkungan kampus. Dan alhamdulillah, cempluk mendapat amanah dari HMTC ( Himpunan Mahasiswa Teknik Computer - Informatika ) ITS untuk menjabat sebagai SC ( Steering Committe ). Dan SC ini bertugas untuk mengkonsep acara pengkaderan di jurusan Teknik Informatika selama 4 hari tertanggal 23 - 26 Agustus 2007 sekaligus bertugas melakukan screening OC ( dalam hal ini menyeleksi panitia pelaksana untuk acara OMB ( Orientasi Mahasiswa Baru ) ). Pengkonsepan acara OMB ini sebenarnya telah dilakukan sejak sebulan yang lalu dengan musyawarah yang cukup kritis antar 12 SC yang ditunjuk HMTC. Dan minggu minggu ini merupakan rapat finishing serta menggodok schedule yang telah terjadwal dengan matang.

OMB kali ini juga sangat kontroversial, karena OMB ini telah terumus rinci oleh pihak rektorat, salah satu nya selama 4 hari itu, larangan adanya kontak fisik ( memberikan hukuman kepada maba seperti : push up, sit up ), larangan memberikan penugasan selain waktu yang ditentukan antara 07.00 - 17.00 wib, dan OMB kali ini tanpa adanya camp. So intinya panitia OC, IC, SC tidak diperkenankan memberikan penugasan, pressing , dan harus memulangkan maba sesuai jadwal. Para HIMA pun pada minggu lalu telah menyampaikan aspirasi nya kepada pihak rektorat, namun hasil nya nihil. Tak ayal, saudara saya yang di UNIBRAW pun merasakan berang terhadap pihak rektorat, karena OMB di UNIBRAW ( teknik ) ditiadakan.

Sebenarnya perlu kah OMB untuk mahasiswa baru ??

Comments

  1. hoe ... gak usah ospek2an lah
    hihihiih


    eh, gimana caranya bikin pembukaan kayak tulisan di atas?
    bikin tutorialnya dunks

    ReplyDelete
  2. skrg posisinya malah di bawah

    ReplyDelete
  3. Anonymous11:17 PM

    gw pikir lucu aja OMB ga boleh kontak fisik seperti yang dijabarkan diatas. Yang namanya OMB harusnya dilakukan dengan semangat kebersamaan mahasiswa baru dan salah satunya dengan "merasa menjadi korban" itulah yg bisa menimbulkan semangat itu.

    Kontak fisik seperti pemukulan atau penugasan yang ga mungkin tentu saja tidak bisa dibenarkan. Ini logika aja, wong kita bukan militer.Tapi penugasan dan pembentakan ditiadakan bukannya terlalu berlebihan?

    Menurut saya sih rektorat mungkin punya agenda lain dengan melarang hal-hal tsb diatas. Traumatis mungkin dengan hal-hal yang terjadi seperti IPDN, STPDN ato apa kek. Tapi yang rasional seharusnya, ya ga Mas Bagus?

    Tapi mencari Universitas yang memang dari mahasiswa untuk mahasiswa memang susah. Di Indonesia, universitas bisa menjadi kendaraan politik..disini di Malaysia, universitas terlalu komersial pula. hehe

    Budaya bukan untuk dihilangkan, tapi untuk diarahkan ke arah yang lebih baik.

    Mungkin.

    ReplyDelete
  4. # gerry : ok mas, trims masukannya.

    ReplyDelete
  5. lanjutkan OMB....!!!!

    ReplyDelete
  6. klo ditempatku, hari ini pembukaan Ospek itu Andi... *tadi liat ank Teknik yg lagi d OSPEK kyknya fine2 aja.

    menurutku sih, klo OSPEK or OMB itu ada pentingnya jg sih, smisal:
    1. MaBa tau akan keadaan/situasi kampusnya itu sndiri,
    2. MaBa mengenal senior2nya *harusnya gk ada lagi tuh yg namanya senioritas, senior seenaknya menghukum or menyuruh macem2 k junior,, kyknya ank kecil aja sih,, apalagi klo make acara maksa2 sgala.. huuu
    3. MaBa & seluruh civitas kampus bisa lebih akrab lagi,
    4. antar MaBa saling mengenal juga satu sama lain...

    *hehehh.. bukan sotoy bin sok tau.. tapi cuman ungkapan ide aja kalii ya..

    *di prodi tempatku blum liat... coz hari ini gk k kampus :D

    ReplyDelete
  7. OMB itu wajib,
    biar maba2 katrok jadi pintar
    dan maba2 manja jadi mandiri :D
    bukan begitu?

    ReplyDelete
  8. seharusnya memang ada mekanisme yang membuat maba tidak sekadar bangga menjadi mahasiswa (baru) melainkan juga bangga karena menjadi bagian dari keluarga besar suatu himpunan mahasiswa. Tentu saja, mekanismenya bisa saja mengambil bentuk yang berbeda dari yang sudah ada selama ini, tapi tetap tidak bisa meninggalkan tradisi begitu saja. Sebab salah satu kebanggaan adalah karena adanya tradisi.

    Kalau tradisi itu bernama OMB, ya diteruskan dong. Menjadi mahasiswa baru kan nggak sering-sering amat. Maba juga tahu hal itu. Mereka juga merasa bangga kalau menjadi bagian dari tradisi itu.

    Gitu, ya?

    ReplyDelete
  9. Anonymous8:42 AM

    OMB ditiadakan? Wah nggak seru dong. Menurut aku sih OMB itu ada bagusnya koq. Banyak kenangan buat nanti-nantinya. Asal jangan ada kontak fisik aja. Sayang ya..

    ReplyDelete
  10. Hmmm, kalo seperti itu, perlu ekstra ketat pengawasan... agar jangan sampai kecolongan adanya kekerasan terhadap anak2 baru... :D

    ReplyDelete
  11. Anonymous9:09 AM

    eiittss...jangan dong...
    kalo gak ada ospek kan kasian kakak kelasnya gak bisa hunting adik kelas hehehe

    ReplyDelete
  12. loh, masuk suatu komunitas baru kalo ngga lewat 'masa orientasi' kyknya ngga mungkin deh..

    klo daku dulu itu bentuk OMB nya selain pengenalan kampus dan segala isinya juga leadership training..

    ReplyDelete
  13. Anonymous12:21 PM

    weeee.... tulisannya pake paragraf kek. Klo bersatupadu gini jd sulit dibaca...

    ReplyDelete
  14. # rd limosin : ok mas, saya akan kasih paragraf..maaf lagi lagi saya lupa.

    ReplyDelete
  15. hukuman fisik seperti push up dll itu lama-kelamaan kalo dibiarkan bisa kaya IPDN lho... sebenarnya mahasiswa mati gara2 hukuman fisik ga hanya di IPDN, di acara opspek pun banyak!

    ReplyDelete
  16. Bukan masalah perlu ato ngga, tp ini seru n pasti bakalan berkesan, buat crita2 seru pas udah lulus trus ketemuan lagi.
    yah sepanjang tidak ada kekerasan or intimidasi tentunya...
    bukan begituh...?

    ReplyDelete
  17. Perlu!!! Yg namanya OMB atau OSPEK atau apalah... (kalo di TRISAKTI skrg namanya PPMB) itu kalo menurutku emang penting bgt diadakan. Manfaat dr OSPEK yg aku rasakan :

    1. Jd lebih solid dgn temen2 seangkatan karena bener2 ngerasain sehidup semati (yah, kayak pejuang2 kita dulu! Indonesia jg bisa bersatu karena senasib sepenanggungan, kan?)
    2. Jd lebih mandiri n ga manja lg! Secara udh jd mahasiswa gitu, loh... Bukan anak sekolahan yg masih suka pecicilan lg!
    3. Jd bisa mengenal kampus dgn lebih baik. Karena di OSPEK kan bukan hanya ada acara bentak2an doank, tp jg ada seminar, ada perkenalan ama ORMAWA, dosen, Lab, dsb...
    4. Jd lebih kreatif dlm berfikir. Karena di OSPEK jg kita dituntut utk jd lebih pinter dlm menghadapi kondisi apa pun. Misalnya, kan kalo OSPEK disuruh bawa barang ato makanan yg aneh2, tuh! Nah, jd di sana kekreatifitasan dan kejeniusan kita diuji, kira2 gmn cara ngakalinnya!
    5. Jd lebih bisa segan ama senior. Bukan TAKUT, loh! Tp SEGAN!!! Dan jd lebih tau gmn caranya menghormati mereka.
    6. Jd punya kenangan tersendiri yg someday bisa diceritain ke anak cucu! Kalo ga ngerasain yg namanya OSPEK, duh... Kayaknya ga afdol jd mahasiswa!

    Jd, kesimpulannya menurut aku... (menurut aku loh ini, ya!) OSPEK itu penting bgt! Tp, tentu aja OSPEK yg ga sembarang OSPEK. Kekerasan fisik aja di kampus aku udh ga dibolehin lg! (padahal dulu angkatanku masih sempet ngalamin! >,<) Kita kan mau ngebentuk mahasiswa yg mandiri, berintelek, dan beriman. Bukannya mau memunculkan bibit2 PREMANISME! Harus ada badan pengawasnya jg, biar ga terjadi hal2 yg tak diinginkan. Kampus yg baik semestinya spt itu! Dan buat senior2nya (secara skrg aku jg udh jd senior), ga usah sok2 nakutin deh! Ngebentak sih boleh. Yah, namanya jg uji mental. Biar ade2nya keliatan kalo udh gede n ga anak mami lg. Tp jangan sampe kelewatan! Jangan sampe bikin anak orang trauma. Buat anak2 barunya jg jangan belagu. Sadar diri, lo siapa... senior lo siapa! Kalo ade2nya pd hormat jg senior2nya ga bakal macem2, kok! ;)

    Btw... Jurusanku besok loh Ndi OSPEK nya! Kebetulan aku jd panitia. Do'ain lancar, ya! ;D Tunggu ceritanya di blogku! x)

    ReplyDelete
  18. # -nilla- : ya, setuju dengan masukannya, nanti nya akan seperti itu.

    ReplyDelete
  19. ospek sih gpp asal yg bener ya, jgn ampe yg aneh2 gt. lebih baik yg uji mental misal diteriaki ato apa gt drpd yg fisik..halah sok tahu :)

    ReplyDelete
  20. cempluk termasuk aktivis di kampus ya? bagus lho...buat bekal mencari pekerjaan :) sukses ya mpluk

    ReplyDelete
  21. Anonymous11:27 AM

    kalo dari dulu paling gak seneng dengan yang namanya OMB

    ReplyDelete
  22. Selama OMB nya bermanfaat & tanpa kekerasan ala IPDN.. menurut Saya OMB itu perlu.. minimal utk membangkitkan rasa kebanggaan pada kampusnya :)

    Saya aja sampe sekarang masih inget Mars Univ. Bina Nusantara, mungkin kalo dulu ngga ikutan OMB ngga bakalan inget sampe sekarang :)

    ReplyDelete
  23. Anonymous2:32 PM

    kalo menurutku sih dalam segala hal, termasuk OMB perlu dipertimbangkan terlebih dahulu manfaat dan mudharatnya. kalo ternyata manfaatnya lebih banyak ya silakan aja. kalo sebaliknya ya mending gak usah deh. lebih banyak hal lain yg mungkin lebih bermanfaat.

    kalo aku pribadi sih gak begitu tau OMB itu seperti apa coz pas masuk kuliah dulu gak ada acara OMB. yg paling parah paling pas ikut samapta sebulan yg pelatihnya semua dari militer..

    ReplyDelete
  24. Anonymous1:00 AM

    Ogut gak pernah ikutan Ospek ospekan see .... tapi ada makna tersendiri pastinya untuk satu dan beberapa orang buat arti dari ospek itu sendiri. As long as ada aturannya see nggak papa... Ibarat anak pramuka yang ikutan kemping, tapi di halaman sekolah :D

    Salam kenal Om Cemplung

    ReplyDelete
  25. wew OMB kale ne emank gak ada pressing2an....tp ada benernya jg kok coz bikin maba jd trauma udah gitu kreatifitas yg didapat cuma buat melindungi diri dari senior ya sekedar kreatifitas sementara yg dikeluarkan sedangkan selepas ospek blom sepenuhnya kreatifitas itu muncul.
    kampusQ aja sampe ada perubahan penuh pd OMB kali ni sehingga bayk warga 04 n 06 yg gak setuju ama konsep yang dijalankan
    wew kyknya thn ini paling enak OMBx bagi maba

    ReplyDelete
  26. Emang kampusnya berada di arah timur, kok perlu orientasi segala?

    Menurutku kepada mahasiswa baru cukup diberikan pengenalan mengenai kegiatan perkuliahan dan kemahasiswaan. Dan waktunya pun cukup 1 hari dilakukan di masing-masing faultas.

    Nggak perlu lah yang namanya ospek macam-macam yang sama biadabnya dengan pembunuhan oleh para praja. Ingat kan kalau sering kejadian mahasiswa baru tewas karena diospek seniornya?

    Apaah tuh kehidupan perguruan tinggi ada senior - junior? Emangnya pendidikan militer? Kalau senior cuma karena masuk duluan, itu mahasiswa yang nggak lulus-lulus mah jadi senior terus sementara juniornya sudah sering berganti.

    ReplyDelete
  27. saya setuju dengan kang kombor....

    saya pikir terlalu over acting senior2.
    di kampus FE unair jaman saya cuma pengenalan saja biasa saja. toh sekarang sistemnya SKS siapa yang cepet ya lulus duluan gak ngenal senior. ya kalo untuk keakraban ok lah tapi lek wes fisik yo kebangetan

    :D

    ReplyDelete
  28. Anonymous7:42 PM

    ospek adalah salah satu kegiatan nggak penting di kampus....

    ReplyDelete
  29. perlu jg sih biar bs lebih kenal tapi jgn jadi ajang buat penindasan anak baru yah..!

    ReplyDelete
  30. hmmm... aku aja yang ngerasain OSPEK pake kontak fisik n selama 2 minggu... malah fun-fun aja... daaannn sampe sekarang... kita masih sering mengenang masa-masa ospek...

    mungkinnn... diarahkan aja kaliii yaa... biar jadi lebih bagus...

    ReplyDelete
  31. Keadaan ospek di ub saat ini
    1. panitia pk2 maba banyak yang mengundurkan diri
    2. pihak fakultas kebingungan krn panitia membubarkan dir. sehingga mengambil keputusan utk masing2 jrsn mengirimkan 5 wakilnya.
    3. dr mhs mereka memmberikan surat bahwa mereka tidak bisa mengirimkan delegasinya.
    4. akhirnya pihak fakultas memanggil mala yg ambil skripsi utk menjadi panitia dengan di gaji.
    5. hasil dari ospek banyak maba yg kurang ajar, sering telat, merokok waktu acara pk2 maba.
    untuk gambar dan artikel lengkapnya akan noki tampilkan setelah keputusan dr orang2 yang bersangkutan menyetujui utk di publikasikan

    ReplyDelete
  32. Anonymous2:02 AM

    OMB?
    Ow..itu nama lain dari ospek ya?

    Kalo di SMA namanya MOS.

    Btw, saya masih di bawah mas umurnya. Panggil ai aja. ^^v

    ReplyDelete
  33. OMB ya pentinglah mpluk. untuk mengenalkan komunitas baru mereka pada umumnya, dan untuk membalas dendam bagi parta senior yg dulu juga di obok2 dalam OMB. huehehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com

Popular posts from this blog

Mudahnya Membangun Biro Perjalanan Umroh dan Haji Plus

Terhitung sejak tanggal 23 Februari 2012, Cempluk bekerjasama dengan agen travel Umroh dan Haji Plus, PT Arminareka Perdana, dengan ditunjuknya KANTOR PERWAKILAN KERTAJAYA SURABAYA sebagai kantor perwakilan Armina. Apabila rekan-rekan netter/blogger memiliki keinginan untuk menunaikan ibadah umroh maupun haji plus, dapat menjalin kerjasama dengan Cempluk. Kami membuka kesempatan kepada anda untuk menunaikan ibadah umroh ataupun haji plus secara GRATIS. Apabila bapak/ibu telah bergabung terlebih dahulu menjadi jamaah Armina dengan tanda daftar awal Rp.3.500.000, selanjutnya bapak/ibu cukup mereferensikan mitra bapak/ibu untuk berangkat umroh/haji bersama Armina dan mendapatkan bagi hasil dari Armina sebesar Rp.1.500.000/jamaah mitra bapak/ibu. Berikut ilustrasi apabila anda bergabung menjadi jamaah Armina: Apabila rekan-rekan netter/blogger berminat untuk bergabung atau memperoleh keterangan lebih lanjut terkait Armina, dapat menghubungi Cempluk dengan meng-add 

Review Film "Thank You For Smoking"

Film " Thank You For Smoking " diawali dari sebuah tayangan talk show “Joan Lunden” yang mengulas bahaya merokok pada usia remaja. Beberapa narasumber diundang dalam talk show tersebut, diantaranya remaja pengidap kanker ganas akibat kebiasannya merokok, Robin Williger (15 tahun), Nick Naylor, wakil direktur dari Akademi Kajian Tembakau, narasumber lain yang turut diundang berlatar belakang sebagai: ketua ibu-ibu yang menentang remaja perokok, ketua asosiasi paru-paru, pembantu utama layanan kesehatan dan kemanusiaan. Dalam talkshow tersebut, sang pelobi "Nick Naylor" dapat mematahkan argumen dari perwakilan senator.  Sembari mengakhiri percakapan, bahwa perusahaan rokok dimana Nick bekerja akan mengucurkan dana 50 juta dolar yang ditujukan untuk membujuk remaja agar tak merokok. BR, si bos dari Nick Naylor nampaknya kesal dengan direct statement pada acara talkshow di stasiun televisi yang terlontar dari ucapan sang pelobi. Namun lagi-lagi Nick dapat

Bersama RadikuS MakanKakus

Miss cempluk, Raditya Dika, Miss Nyelonong, Cempluk Sabtu malam minggu, cempluk mengajak Miss Cempluk buat jalan jalan muter muter Surabaya. Sampai rumah miss Cempluk pukul 19.00 wib telat sejam dari jadwal penjemputan yang harus nya jam 18.00 wib.. Pas sampe di rumah si miss Cempluk, eh..ternyata belum kelar dandan toh. So gak ada alasan si Miss marah or cemberut ke Cempluk gara gara telat jemput..hehehe. Dan pukul 19.2o an kita berangkat jalan jalan ke arah delta plasa. Wew.. Bujuk beset deh, mulai pintu masuk parkir motor udah rame trus pas mau cari tempat buat markirin motor dapet paling belakang sendiri. Baru inget ketika di pakiran sepeda motor, pas on air di SONORA FM tadi pagi, si penyiar "Lisa" ngumumin ke kita kita klo ada si radiya dika di GRAMEDIA delta plasa. Yang sebelumnya jalan jalan muter Surabaya gak ada tujuan, barulah kita berdua sepakat buat nonton talkshow di GRAMEDIA delta plasa. Pas banget ketika itu talkshow baru mulai dan kita dapat duduk baris keti