• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Lagu Indonesia Raya Versi 3 Stanza

Beberapa hari ini kita telah dikejutkan oleh pemuatan lagu Indonesia Raya asli di seluruh media elektronik dan media cetak. Lagu ini terkuak setelah diberitakan secara massal bahwa Roy Suryo menemukan nya di server Belanda 2 bulan lalu bersama relawan Air Putih. Lagu Indonesia Raya asli telah ditemukan sebelum nya bukan oleh tim Bung Roy dan tim air putih , begitu kutipan yang saya ketahui dari sini. Ketika Roy Suryo ditanya oleh salah satu redaksi surat kabar maya, mengatakan pengakuan beberapa orang yang mengatakan diri nya bukan penemu adalah tidak masalah dan Roy Suryo menanyakan kenapa informasi tersebut tidak langsung diberitahukan kepada pemerintah Indonesia. Tanya Kenapa ??!!


Lirik Lagu Indonesia Raya stanza 3



Stanza 1:

Indonesia Tanah Airkoe Tanah Toempah Darahkoe
Disanalah Akoe Berdiri ’Djadi Pandoe Iboekoe
Indonesia Kebangsaankoe Bangsa Dan Tanah Airkoe
Marilah Kita Berseroe Indonesia Bersatoe

Hidoeplah Tanahkoe Hidoeplah Negrikoe
Bangsakoe Ra’jatkoe Sem’wanja
Bangoenlah Djiwanja Bangoenlah Badannja
Oentoek Indonesia Raja

(Reff: Diulang 2 kali, red)
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja

Stanza 2:

Indonesia Tanah Jang Moelia Tanah Kita Jang Kaja
Disanalah Akoe Berdiri Oentoek Slama-Lamanja
Indonesia Tanah Poesaka P’saka Kita Semoenja
Marilah Kita Mendo’a Indonesia Bahagia

Soeboerlah Tanahnja Soeboerlah Djiwanja
Bangsanja Ra’jatnja Sem’wanja
Sadarlah Hatinja Sadarlah Boedinja
Oentoek Indonesia Raja

(Reff: Diulang 2 kali, red)
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja

Stanza 3:

Indonesia Tanah Jang Seotji Tanah Kita Jang Sakti
Disanalah Akoe Berdiri ’Njaga Iboe Sedjati
Indonesia Tanah Berseri Tanah Jang Akoe Sajangi
Marilah Kita Berdjandji Indonesia Abadi

S’lamatlah Ra’jatnja S’lamatlah Poetranja
Poelaoenja Laoetnja Sem’wanja
Madjoelah Negrinja Madjoelah Pandoenja
Oentoek Indonesia Raja

(Reff: Diulang 2 kali, red)
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja.


klik disini untuk melihat video lagu ini
klik disini untuk mendownload lagu Indonesia Raya Stanza 3

Sumber Inspirasi : 1, 2

42 comments:

Anang said...

lha iya kok bisa barengan ya.. hehehe tapi duluan aku postingnya... :D

CempLuk said...

padahal ra janjian loh yoh..berarti kita sehati..hehehe

Kana Haya said...

well, sebenernya kan no problemo toh?? 'kan diperpendek jadi satu stanza juga atas permintaan sukarno. trus kalo misalnya dipertahankan 3 stanza, cape aja kalee kalo lagi upacara bendera!! hormatnya kelamaan!! xP

artja said...

wah, kalau ternyata lirik Indonesia Raya diganti, saya harus ngapal lagi dong? padahal yang selama ini udah terlanjur hapal dari kecil..

tukang ketik said...

hihihihi... Roy Suryo bikin sensasi lagi. capee deeeeeee

PriyayiSae said...

mbuh lah.. ganti apa gak ganti tetep gak ngaruh...! :))

ayahshiva said...

wah lagi lagi postingan tentang lagu indonesia raya, kayak nya ini gak bakal ada habisnya

NN said...

assalamualaikum , mau nulis komen jadi lupa gara2

"Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm)
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah dan isi username dan password di bawah kolom komentar. Atau bisa kita gunakan opsi lain.
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk, S.Blog "

jadi malumau komennya :)

Dew said...

Ehm.. aku sih terserah aja sama suara terbanyak *kayak pemilu*... Mau diganti versi itu silahkan, mau teteup yg lama juga boleh... asal gak usah pake debat-kusir berkepanjangan yg bisa2 malah bikin hal yang lebih penting terabaikan.

Yg paling penting bagiku siy ya yg bener2 mendesak untuk dibenahi kayak peningkatan kesejahteraan rakyat.

PS. tau di mana ada acara 17-an yang unik di Sby ini, Dik?
Kabar-kabari ya, soale sebagai warga baru Surabaya
(...baru setengah taon :p),
aku pengin ikut ngerasain greget perayaan ultah RI yg unik di kota ini.

Tengkyu so much yo, Dik... :)
dewie_sekar@plasa.com

CempLuk said...

# dew : ok saya kabarin klo ada info ttg sy.

pyuriko said...

Agak aneh saat mendengar lagu ini... Untuk pertama kalinya lho...

Novee said...

Gus, terus terang aja ya, saya udah di ajarin lagu Indonesia 3 stanza ini di SD kelas V.
Beneran, saya ga becanda niy...
Ini kan ada di buku lagu2 perjuangan, kenapa dibilang baru ditemukan tho?

mungkin SD sekarang ga ada pelajaran seni suara kah?
tp yg jelas saya udah diajarin versi 3 stanza itu dari SD kelas V
Sumpahhhh dehhhh

triadi said...

teetp bagus yang pertama...:D

'K, said...

setuju ma mbak novee.mang dulu waktu sd diajarin model gini koq.ada dibuku cetaknya.liat2 deh buku jaman dulu.Roy aja yg sensasional tuh.hihi.buwat mas cempluk.lam kenal yahh

CempLuk said...

# novee : iya mbak, saya percaya kok :)

Nico Wijaya said...

geleng2 liat beritanya didetik, ngributin ttg 'penemuan' lagu indonesia raya yang 3 stanza itu oleh roy suryo atau siapapun juga. kl pikirku sih, penting juga memiliki arsip bersejarah semacam ini dan mengetahui segala informasinya, tapi ada hal lainnya yang saya rasa jauh lebih penting. mengisi, mensyukuri dan mempertahankan kemerdekaan itu sendiri.
Hiduplah Indonesia Raya!

CempLuk said...

# nico wijaya : sep sep..Hidup Indonesia Raya !!!

Agam said...

Moga2 aja gak timbul perpecahan hanya gara2 sebuah lagu :)

mashuri said...

Bismillahirrahmanirrahim

kalo memang diubah seharusnya dicantumkan dalam buku-buku sejarah, bahwa lagu kebangsaan itu pernah mengalami perubahan....

*jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah*

Nisa said...

wadoooh.. nanti kalau upacara bendera sayah ga hapal dunk... :p ngapain sih dirubah-rubah?? gak ada gawe bangets!!!

eh, ultah kita sama toh??
wahahahahaha... asoi... mari mari kita minum2 (bajigur) bersama semaleman sampe mabok... :P

angin-berbisik said...

baru ke blogna anang tadi, hehehehe, sama ya ide postingannya :)
wah mpluk, untung ga disuruh lagi menghapal lagu indonesia raya itu, ...bisa brp tahun ya ampe hapal bener2

'N said...

WaWWW baru denger malah *ketinggalan banget yak* Yap setuju-setuju jangan mpe ribut-ribut deh.. ga penting banget.
Btw ngrasa aneh dehhhhh ni kuping dengernya *hehe butuh adaptasi.

Vina Revi said...

aaah, Roy Suryo lagi, Roy Suryo lagi. Lagi-lagi Roy suryo, lagi-lagi Roy Suryo.

btw, dah pernah liat name card-nya yang full pake nomer rekening? hehehe ... OMG gak, sih? Oh My God!

indri said...

3 stanza??
bener2 RAYA !!

heheee....

vi3 said...

kalo yang reffnya: Indones, Indones, mulia mulia itu versinya yang mana ya?
Lagu Indonesia Raya khan diciptakan sebelum Indonesia Merdeka...
hmmmm....

meda said...

yah, sebetulnya sih ga masalah, mau versi lama atau baru, cuma kok baru heboh sekarang sih? masa ngga ketauan dari dulu? ini sih roy suryo cari duit hihihi ...

Arif Hidayat said...

hehehhe,, videonya lucu,,,, tentara Indonesia cuma pake celana pendek doank,,, wkwkwkwkwkk

mel@ said...

untungg... masa upacara udah lewat... :D
jadiii... terserah de mau pilih yang mana... habis udah ga berpanas-panas ria pas hari senin...
ketauan banget de nasionalismenya kurang ya... hehehe...

nyiell said...

stelah baca liriknya jadi inget jaman sd, ngerasa pernah baca di salah satu buku aku jaman sd..
ah bang roy suryo waktu sd gak pernah baca buku mungkin, ya mari kita maklumi sama2 lah..
hihi..

CempLuk said...

# mel@ : hayu ketahuan tuh nasionalisme nya perlu di pupuk..hehehe

MaIDeN said...

Lihat kehebohan ini di metro tipi. hmmm ... Lumayan heboh ya :)

Laksono said...

ROY SURYO LAGI...

ganti chanel...

Dio said...

Aku baru tahu tuh.. Hahaha.
Mungkin kalau ga ada blog-nya Kang Andi alias Cempluk, aku gag akan tahu selamanya :D

w@hyu said...

aku juga perasaan pernah baca deh lirik lagu2 itu. tapi menurutku gak usah dipikirin lah, apa lagi pake acara mau diganti segala. yg jauh lebih penting adalah menghayati dan mengamalkan pesan yg ada di lagu indonesia raya..

pdf said...

Makasih atas infonya....

-----------------------------------
artikel kesehatan
download pdf jawapos
yoga
yoga
review

Sri Swami Sivananda said...

Maaf numpang ngelink....

-----------------------------------
artikel kesehatan
download pdf jawapos
yoga
review

Sri Swami Sivananda said...

Maaf numpang ngelink. Saya akan pasang pasang backlink untuk blog ini di semua blog saya. Mohon jangan dihapus semua link saya. Terima Kasih banyak atas bantuannya.

-----------------------------------
BitDefender
Cheap Softwares

Belly Surya Candra Orsa said...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... : )

Jasa SEO said...

susah di baca nya. tempo doloe gitoe. hahaa

Jasa SEO

Cara Cepat Menyembuhkan Rematik said...

mantab deh informasinya.

Yudie ManSopyan said...

Bukan di rubah lagunya, tp di pake yg satu stanza saja untuk lagu kebangsaan..klo dari pencipta lagunya memang 3 stanza

Unknown said...

網頁設計 網路行銷 關鍵字廣告 關鍵字行銷 餐飲設備 製冰機 洗碗機 咖啡機 冷凍冷藏冰箱 蒸烤箱 關島婚禮 巴里島機票 彈簧床 床墊 獨立筒床墊 乳膠床墊 床墊工廠 產後護理之家 月子中心 坐月子中心 坐月子 月子餐 銀行貸款 信用貸款 個人信貸 房屋貸款 房屋轉增貸 房貸二胎 房屋二胎 銀行二胎 土地貸款 農地貸款 情趣用品 情趣用品 腳臭 長灘島 長灘島旅遊 ssd固態硬碟 外接式硬碟 記憶體 SD記憶卡 隨身碟 SD記憶卡 婚禮顧問 婚禮顧問 水晶 花蓮民宿 血糖機 血壓計 洗鼻器 熱敷墊 體脂計 化痰機 氧氣製造機 氣墊床 電動病床 ソリッドステートドライブ USB フラッシュドライブ SD シリーズ

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com