• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Sejarah Si Donat

Si Donat ;)



2 hari yang lalu tepat nya hari minggu tanggal 08 Juli 2007, cempluk berinisiatif untuk jalan jalan ke Delta Plasa. Nah sesampai disana, saya pun menyempatkan diri berkunjung ke salah satu counter donat yang terbilang masih baru buka nya. Yup..cempluk mengunjungi stan J'Co, si donat ini bener bener crispy dan mantap markatap menurut saya. Harga si donat ini terbilang masih standar sekitar Rp.5000 an sebiji. Dan saya pun membeli sekitar 10 biji untuk orang rumah. Tapi saya pun terheran heran, kenapa yah kok si donat ini bolong tengah nya ?? (meski sekarang ada kue donat yang tengah nya gak bolong). Akhir nya saya mencari jawabannya di google dengan keyword : "sejarah donat" dan saya pun menemukan jawabannya di sini .
Tahukah anda :
Donat ini diciptakan kapten kapal asal Denmark bernama Captain Hanson Gregory. Saat sang kapten ini menyetir dengan kedua belah tangan di saat badai, maka kue gorengan yang dimakan pun ditusukkannya pada roda kemudi kapal, agar gak jatuh. So, kue si kapten ini bolong ditengah nya, nah kebetulan juga kue ini sering belum matang pada bagian tengah nya sehingga donat pun lahir dan sengaja dibuat berlubang ditengah nya agar permukaan donat terkena minyak secara merata dan cepat matang. Lucu juga yah asal usul si kue bolong ini..hehehe ;)


34 comments:

Nisa said...

hmmmmm! donat yang enak~!
sayang, kemahalan untuk ukuran kantongku :p

Dhona said...

Mau dong JCO-nya. Secara Fia suka tuh makan donat JCO.

Dhany Family said...

donat di suabaya yang paling sip di Dinoyo
Murah, leginya pas, rasanya nikmat, macemnya banyak..
apalagi kalau gratis..

Agam said...

Ternyata dari situ asal mula donat. Baru tau aku. Makasih infonya enak. eh masudku donatnya :) hehehe....

Tukang Ketik said...

bukannya yang bikin awal2 itu orang belanda? karena penciptanya iseng, ngegoreng adonan roti yang tengahnya tidak pernah mateng, akhirnya diputuskan tengahnya dibolongin. supaya bisa rata matengnya.

Fatah said...

Saya kira yang nemuin donat mas Cemplul :)

nanya donk ! kalau sejarahnya diberi nama "donat".. gimana yahh ceritanya ?

goiq said...

huhuhu baru kemaren di beliin donat jco sama kakakku. sampe sekarang masih nyisa setengah di kulkas.gyahahahaha

Raffaell said...

wah kurang menyukai donat, ntah kenapa...

angin-berbisik said...

JCo emang Te O Pe....:P

JiE said...

Hebatnya, JCo ini franchise asli Indo. Yg punya si om Johny Andrean, bos jaringan salon langganan gw huehehehe...

aLe said...

wah, donatnya nyempluk2.. hehe...

Anisa said...

Ndy...kok yo kreatif banget dirimu cari penyebab donat bolong tengahe.
Top deh buat Andhi...
Btw Delta Plaza, kangen banget....ingat kencan pertama euy.

aribowo said...

sampe sekarang cuma pernah nyobain donatnya yang biasa aja yang cuma pake gula di atasnya, habisnya sering di kasih gratis

w@hyu said...

kreatif juga tuh si kapten :)

abis beli 10 koq gak bagi2 sih?! aku belum pernah euy ngerasain J'Co :(

*jadi laperr

Hannie said...

gak gitu suka donat, tapi kalo dikasih gratis sih maooo... wakakakkk

artja said...

pagi-pagi gini liat donat bejejer, jadi pingin ikutan bejejer.. eh, jadi pingin laper nding.

Kana Haya said...

udah coba iCrave? itu juga enak.. tapi ga seenak JCo siy.. cuman bentuk n dekorasinya lebih variatif.. sedikit lebih mahal siy dibanding JCo xP

mashuri said...

hm..donat kesukaan anak saya

ichaAwe said...

duuhh jd inget donat kantin gopek an waktu jaman sma dulu ....

Novee said...

Lha... emang kaya gitu sejarah donat, aku dah tau koq.
kamu knp ga tanya aku aja Pluk...

cakrique said...

Donat telat menyelamatkan nyawa saya

Zee said...

heuheuehuee....
Aneh aneh ae si Cempluk ini..
Wah wah wah.....jadi laper nich pek
BTW, donat nye masih ta LE...???
Nggowo nang LAB po o......
Hehehehee...
Ben lemu ADmin ne.....
Msok admine kuru koyok aku pek

budie05 said...

nuwun sewu.. :P

Petakumpet said...

bener bgt mas...q dulu juga pernah baca sejarah kenapa donat tu bundar....ternyata lucu juga sejarahnya... tujuannya biar tetep bisa nyetir kapal sambil makan biar ga kelaperan...wkwkwkwk...
keren n kreatif... faktor perut tu emang bisa bikin kita kreatif bgt buat ngisinya...hehehe

pdf said...

Makasih atas infonya....

-----------------------------------
artikel kesehatan
download pdf jawapos
yoga
yoga
review

Sri Swami Sivananda said...

Maaf numpang ngelink....

-----------------------------------
artikel kesehatan
download pdf jawapos
yoga
review

Sri Swami Sivananda said...

Maaf numpang ngelink. Saya akan pasang pasang backlink untuk blog ini di semua blog saya. Mohon jangan dihapus semua link saya. Terima Kasih banyak atas bantuannya.

-----------------------------------
BitDefender
Cheap Softwares

Anonymous said...

donat yang paling enak mereknya Ratu....Ratuku alias dikasih orang lain he he he

dimas degan delegek

bety said...

oo...
ternyata donat pun memiliki sejarah yang cukup menarik ya..
^.^
tidak dari segi rasanya saja..

Rasendriya Reswara said...

hhe.. lucu ya ternyata sejarah donat itu..

tuker link yuk

www.resshop.web.id

rental forklift said...

aih, kinclong banget itu donatnya, jadi ke pengen kan @_@

Obat Herbal Maag said...

Oh ,, jadi sejarahnya gitu yah Gan :)
Heheheh baru tau ane :D

Obat Herbal Patah Tulang said...

Kapten Kapalnya genius ,, hehehe :)

Unknown said...

網頁設計 網路行銷 關鍵字廣告 關鍵字行銷 餐飲設備 製冰機 洗碗機 咖啡機 冷凍冷藏冰箱 蒸烤箱 關島婚禮 巴里島機票 彈簧床 床墊 獨立筒床墊 乳膠床墊 床墊工廠 產後護理之家 月子中心 坐月子中心 坐月子 月子餐 銀行貸款 信用貸款 個人信貸 房屋貸款 房屋轉增貸 房貸二胎 房屋二胎 銀行二胎 土地貸款 農地貸款 情趣用品 情趣用品 腳臭 長灘島 長灘島旅遊 ssd固態硬碟 外接式硬碟 記憶體 SD記憶卡 隨身碟 SD記憶卡 婚禮顧問 婚禮顧問 水晶 花蓮民宿 血糖機 血壓計 洗鼻器 熱敷墊 體脂計 化痰機 氧氣製造機 氣墊床 電動病床 ソリッドステートドライブ USB フラッシュドライブ SD シリーズ

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com