• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

All day is Valentine Day

All day is Valentine Day @};-


Pada bulan Februari ini, tak bisa kita pungkiri lagi, berbagai macam media massa, mall – mall, bahkan cafe – cafe menawarkan berbagai suguhan acara untuk memeriahkan tanggal 14. Bentangan spanduk yang mengagung agung kan hari Valentine pun kian menghiasi wajah jantung kota. Dan salah satu event organizer di kota Surabaya, memberikan konsep acara yang berbeda, yakni reality show ”Mencari Pasangan”.( Ditujukan bagi para jomblo yang ingin mendapatkanp pasangan saat hari valentine tiba ). Dan saat tanggal 14 tiba, biasanya mereka saling mengucapkan “selamat hari Valentine”, berkirim kartu dan bunga, saling bertukar pasangan, saling curhat, menyatakan sayang atau cinta . Bagaimana Sejarah dan Pandangan Agama Islam ??

SEJARAH VALENTINE’S DAY

Pada awal abad keempat sebelum masehi, bangsa Romawi biasa mengadakan pesta bagi salah satu dewa mereka yaitu Lupercalia (Lupercus). Perayaan ini dilaksanakan pada pertengahan bulan Februari, bersamaan dengan musim kawin burung. Pada pesta Lupercalia ini dilaksanakan suatu acara mencari jodoh yang cukup unik. Begini caranya. Para gadis menuliskan
namanya pada secarik kertas, kemudian dimasukkan ke dalam kotak. Para pemuda yang hadir akan mengambil kertas di dalam kotak tersebut secara acak. Gadis yang terpilih akan menjadi pasangan pemuda tersebut sampai pesta Lupercalia yang berikutnya. Acara jodoh-jodohan dalam pesta Lupercalia yang telah berlangsung selama 800 tahun ini ditentang oleh fihak gereja yang ada di Roma. Alasannya, hal ini merupakan perayaan kafir yang bertentangan dengan ajaran Kristen. Pada tahun 270 SM, seorang uskup dari Interamma bernama Valentine, memulai kembali kebiasaan ini dengan cara berbeda. Kaisar Roma yang berkuasa pada masa itu adalah Claudius II. Ia memberlakukan peraturan yang melarang orang-orang untuk menikah. Secara diam-diam uskup Valentine mengumpukan muda-mudi yang saling jatuh cinta untuk dinikahkan.Hal ini diketahui oleh sang Kaisar, dan ia marah besar. Akibatnya, uskup Valentine ditangkap dan dipenjarakan. Ia harus menyembah dewa orang Romawi jika tidak ingin dihukum. Valentine dengan keras menampik tawaran itu. Akhirnya, pada tanggal 24 Februari tahun 270 M, ia dipukuli, dilempari batu dan akhirnya dipenggal. Saat ia berada di penjara, Valentine berhasil menyembuhkan mata seorang gadis buta, anak penjaga menara, berkat imannya yang teguh dan kasihnya yang besar. Sebelum ia menghadapi saat terakhirnya, Valentine menulis sebuah kalimat "From Your Valentine" kepada gadis itu. Kalimat inilah yang menjadi ungkapan yang sering dipakai untuk mengungkapkan kasih sayang atau cinta pada seseorang di Hari Valentine.

HUKUM MERAYAKAN HARI VALENTINE


Mengekornya kaum muslimin terhadap gaya hidup mereka akan membuat mereka senang serta dapat melahirkan kecintaan dan keterikatan hati. Allah Subhannahu wa Ta’ala telah berfirman, yang artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (Al-Maidah:51)
“Kamu tidak akan mendapati sesuatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, saling berkasih sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya.” (Al-Mujadilah: 22)
Semoga Allah SWT senantiasa menjadikan hidup kita penuh dengan kecintaan dan kasih sayang yang tulus, yang menjadi jembatan untuk masuk ke dalam Surga yang hamparannya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa. Semoga Allah Subhannahu wa Ta’ala menjadikan kita termasuk dalam golongan orang-orang yang disebutkan:
“Kecintaan-Ku adalah bagi mereka yang saling mencintai karena Aku, yang saling mengunjungi karena Aku dan yang saling berkorban karena Aku.” (Al-Hadits).

Si Cempluk berpendapat, All day is valentine ( hari kasih sayang ) dan rasa kasih sayang yang paling hakiki adalah kepada Allah SWT dan kasih sayang seorang anak tehadap orang tua. Bagaimana dengan anda ??

4 comments:

Aileena S.C.R.E.C said...

gitu ya critanya valentine? bukannya si pastor bunuh diri bukan dibunuh?

MaIDeN said...

Bayangkan ... someone say met valentine yah .. cup pipi kiri kanan ...

CempLuk said...

all day is valday right..
#asrec : iya,,begitulah cerita nya mbak :)
#maiden : cipika cipiki ma budaya barat, palagi ngerayain valday.

gadis model said...

http://gadis.gadismodel.us
http://telanjang.gadismodel.us
http://gadis-indonesia.gadismodel.us
http://gadis-bandung.gadismodel.us
http://gadis-melayu.gadismodel.us
http://gadismelayu.gadismodel.us
http://gadis-cantik.gadismodel.us
http://foto-gadis.gadismodel.us
http://gadis-smu.gadismodel.us
http://gadis-bali.gadismodel.us

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com