• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Sebuah Perjalanan

Sebuah Perjalanan


Dalam suatu perjalanan..
Pernah, dalam hati kecil saya bertanya..
Sebenarnya, yang menjadi masalah dalam hidup ini apa sih??

Saat itu saya masih belum menemukan jawabannya,, hingga suatu ketika...
Ada sebuah mobil dari arah yang berlawanan melaju kencang mendekat ke arah saya.
Awalnya saya tenang-tenang saja, "ah, paling2 mobil itu yang bakalan mengalah"
Detik demi detik smakin menajam dan mobil itu seakan tidak menghiraukan saya..
terus melaju, semakin kencang, dan semakin mendekat ke arah saya...
Jantung saya berdegup kencang, darah dalam tubuh saya mengalir semakin deras...

Dalam hitungan 0,001 detik sontak saya langsung membanting stir motor saya ke kiri hingga akhirnya motor saya berhenti tepat di bibir jalan. Penduduk yang kebetulan duduk di pinggir jalan langsung berlarian ke arah saya, "sampeyan g popo to dik??". Saya menjawab, "alhamdulillah pak, mboten nopo-nopo". Lalu ada seorang tua dari belakang yang nyeletuk, "mangkane to le sing ati-ati lek sepeda motoran". Seketika itu pula saya jadi lebih berhati-hati selama perjalanan hingga akhirnya saya sampai di kediaman orang tua saya.

Ketika malam tiba..
Sejenak saya duduk-duduk di teras rumah sambil memandang pekatnya malam..
Tiba-tiba saya teringat dengan pertanyaan besar yang hampir "membunuh" saya...
"Sebenarnya, yang menjadi masalah dalam hidup ini apa sih??"

Pelan-pelan...
Saya mulai menemukan titik terang..
Jawaban dari misteri besar yang meresahkan...
Dan kalau saya pikir2 yang jadi masalah itu adalah diri kita tidak mau BERUBAH...

Mmm,,,
Andaikata tadi saya tidak mau merubah laju motor saya,entah apa jadinya saya skrg..
Andaikata tadi saya bersikeras menantang mobil tadi,entah apa jadinya saya skrg..


Kita terlalu banyak berpikir selain dari pada diri kita...
Bahkan NEGARA kita pikirkan, TEMAN kita pikirkan, KUCING kita pikirkan, baaaaanyak sekali yang kita pikirkan...
Jujur, sebenarnya semua itu tidak terlarang untuk dipikirkan...
tapi semua itu tidak ada manfaatnya kalau diri kita sendiri tidak BERUBAH...


Segalanya berubah dalam hidup ini...
Masalah berubah, umur berubah, badan berubah, semua bergerak berubah...
Bagaimana mungkin kita menyikapi segala yang berubah tetapi diri kita tidak berubah...

Sekali lagi saya bertanya pada diri saya sendiri...
Apa yang PAAAALING menjadi masalah dalam hidup kita??
Ya, tidak lain dan tidak bukan adalah karena kita tidak BERSUNGGUH-SUNGGUH merubah diri kita...
Pernah saya dengar suatu nasehat dari seorang tua
"kalau segala urusan bertambah, kemampuan tidak bertambah, maka yang terjadi adalah stress"


Kemudian saya juga sering sekali mendengar pernyataan seperti ini
"Saya ingin merubah anak-anak saya"
"Saya ingin merubah teman-teman saya"
"Saya ingin merubah WAJAH INDONESIA"
tidak akan ada perubahan di Indonesia kalau kita sendiri tidak mau berubah...


Seringkali, kita itu TERLALU BANYAK MENUNTUT perubahan pada orang lain...
Daripada kita nuntut sana, nuntut sini, nuntut ayah, nuntut ibu...
Lebih baik TUNTUT DIRI SENDIRI dulu...
Sudah bener gak kita bersikap...
Sudah bener gak kita berperilaku...
Sudah bener gak kita berkepribadian…
Kalau kita sendiri semakin baik InsyaAllah keadaan disekitar kita akan baik pula...


Jadi,,
Tiada berganti hari kecuali bertambah ilmu...
Tiada berganti hari kecuali menambah wawasan...
Tiada berganti hari kecuali memperbanyak melatih diri..

7 comments:

Ifoeng Ranawiria said...

Memang konsep perubahan harus dimulai dari diri sendiri dulu. Kewajiban merubah diri sendiri ke arah lebih baik harusnya paralel dengan 'mengubah'lingkungan ke arah lebih baik pula khan?.
Mementingkan perubahan diri sendiri tapi tak menghiraukan orang lain, ya egoiss juga namanya. :)

:: N :: said...

Juga perlu tekad dan semangat untuk berubah. Krn keinginan untuk berubah saja ga cukup...

Septian said...

inspiring banget. Tapi memang kadang kita ga mau sih mengubah diri sendiri. Terkadang ego ini udah mulai kerasa kuat, tapi kita malu untuk mengakuinya.

Aileena S.C.R.E.C said...

BERUBAH......BERUBAH......BERUBAH.....!!!
semangat tuk berubah sih tetep ada tapi terkadang dalam prakteknya susah banyak aja alasannya....yg inilah...yang itulah....yang penting jg punya niat ama tekad

tyka82 said...

Prinsip perubahan itu adalah 3M = menguras, menutup, dan membakar...

eh salah, maksud saya:

Mulai dari yang terkecil
Mulai dari diri sendiri
dan Mulai dari saat ini juga.

RZK said...

Ya betul itu dan kalo bisa mulai saat dimana kita sadar bahwa kita harus berubah, bukan nunggu hari senen, taun baru, atau ulang taun aja (ko, serasa ga asing, hehehe...)

Unknown said...

網頁設計 網路行銷 關鍵字廣告 關鍵字行銷 餐飲設備 製冰機 洗碗機 咖啡機 冷凍冷藏冰箱 蒸烤箱 關島婚禮 巴里島機票 彈簧床 床墊 獨立筒床墊 乳膠床墊 床墊工廠 產後護理之家 月子中心 坐月子中心 坐月子 月子餐 銀行貸款 信用貸款 個人信貸 房屋貸款 房屋轉增貸 房貸二胎 房屋二胎 銀行二胎 土地貸款 農地貸款 情趣用品 情趣用品 腳臭 長灘島 長灘島旅遊 ssd固態硬碟 外接式硬碟 記憶體 SD記憶卡 隨身碟 SD記憶卡 婚禮顧問 婚禮顧問 水晶 花蓮民宿 血糖機 血壓計 洗鼻器 熱敷墊 體脂計 化痰機 氧氣製造機 氣墊床 電動病床 ソリッドステートドライブ USB フラッシュドライブ SD シリーズ

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com