• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Spyware Attack Me

Hhmm... Jam dinding menunjukkan pukul 00.09 wib tanggal 26 November 2006, saya belum bisa tidur. Kok bisa gitu ??:-S Ngg...Notebook kesayangan saya terkena virus spyware, tidak itu saja kroni - kroni nya pun ber munculan ( Trojan - spy.win32 @ mx ).8-X Notebook yang selama ini menggunakan antivirus McAfee tak mampu mengatasi virus ini. Virus ini tiba tiba menjadikan notebook saya sangat lemot dan sistem pada notebook saya pun memunculkan peringatan berupa icon seperti bentuk ranjau pada bagian taskbar. Kemudian saya pun berinisiatif untuk meminta solusi kepada mas Adhe Rhama Saputra atau kerab dipanggil mas ARS melalui SMS. Begini SMS saya kepada beliau :

sms dikirim
Cempluk : Assalamualaikum. Afwan gng.Sy -> andi bagus dari sby. Laptop sy terserang spyware ganas, di pojok kanan ada icon aneh mirip ranjau, ktika di klik ada tlsn critical system error. Gjala kompie lemot,icon aneh.. Antispyware apa yg menurut mas bs atasi ? Sy cb dr Alex tp blm atasi. Apa diinstal ulang ?=p wslamualaikum.

sms diterima
mas ARS : Alaykumussalam wr,wb.. Mlm mingguan kencan sm spyware ni ye..hehe..
1. Cb scan pk Ad - Aware & SpybotS&D ( update kl ada versi barunya )
2. Pasang Avast! sbg antivirus guard utama di komp & aktfkn automatic updatenya. Smua linknya ada di http://goldenpen007x-donlot.blogdrive.com#antivirus

Dan setelah saya download apa yang disarankan mas ARS , saya pun meng - uninstall McAfee saya. Pertama, saya menginstall Avast dan barulah saya melakukan update serta scan dan ada tanda tanda bahwa notebook terjangkit spyware, saya pun melanjutkannya dengan men scan dengan spybot-search & destroy ( untuk pencegahan sebagai antivirus spyware) dan yang terakhir dengan men scan dengan ad-aware se. Dan Alhamdulillah, lemot pada notebook saya bisa teratasi dengan penanganan sigap.#:-S Bagaimana spyware ini bisa sampai di komputer kita? Program ini bisa sampai di komputer kita karena setting security di komputer kita terlalu rendah. Beberapa langkah dibawah dapat membantu supaya masalah seperti ini tidak terulang kembali:

1. Hati-hati dengan program-program yang anda install. Banyak program download seperti Kazaa, Imesh dlsb. yang menginstall software lainnya yang dapat membuat komputer anda lambat dan bahkan dapat mebuat komputer and crash.
2. Update komputer anda dengan patch yang disediakan Microsoft. Di Internet Explorer, buka Tools > Windows Update > Product Update dan install semua security update yang ada. Penting untuk meng-update security fixes ini secara regular. Update juga Java VM karena banyak juga program yang menggunakannya.
3. Di Internet Explorer, klik Tools > Internet Options > Security > Internet. Tekan tombol 'default' dan tekan 'OK'. Sekarang tekan 'Custom Level'. Untuk 'ActiveX', pilih 'prompt' untuk 'Download signed and unsigned ActiveX control'. Pilih 'disable' untuk 'Download unsigned ActiveX controls' dan 'Initialize and script ActiveX control'. Buat rekan rekan yang terkena virus spyware, trojan, dsb semoga pengalaman saya dalam artikel ini bisa bermanfaat buat teman - teman sekalian.:)

4 comments:

buchin said...

Nama virusnya apa Gus?

CempLuk said...

nama virus nya Trojan - spy.win32 @ mx.

arie said...

ati2 mangkane

reseller said...

nice blog!
----------------
Nice Places to Visit and Computer Tutorials | Nice Places to Visit

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com