• Twitter
  • Buzz
  • Facebook

Marhaban Ya Ramadhan....

Ramadhan telah tiba! Bahagia sekali saya diberi umur panjang sehingga sampai hari ini bisa merasakan bulan Ramadhan di usia 19. Besok tanggal 24 September 2006,kita semua (umat muslim) menjalankan Rukun Islam yang keempat yakni menjalankan Ibadah Puasa selama 1 bulan, dan hari ini merupakan yang pertama melaksanakan ibadah salat Tarawih. Dialah bulan yang paling dimuliakan Allah SWT, penghulu segala bulan (sayyidus syuhuur). Pada bulan itu Al Quran sebagai mukjizat Rasulullah SAW yang terbesar diturunkan. Allah SWT berfirman:"Bulan Ramadhan yang diturunkan di dalamnya Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia, serta sebagai penjelasan dari petunjuk itu dan sebagai pembeda antara hak dengan bathil. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, hendaknya (wajib) ia berpuasa" (QS. Al Baqarah 185).Dan pada bulan inilah Allah SWT memuliakan suatu malam yang disebut "lailatul qadar" yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Allah SWT berfirman: "Lailatul qadar tersebut lebih baik daripada seribu bulan" (QS. Al Qadr 3).Pada bulan Ramadhan Allah SWT memberikan kondisi yang kondusif bagi hamba-Nya untuk membersihkan dirinya dari noda dan dosa. Rasulullah SAW bersabda: "Bila telah datang Ramadhan, dibukalah pintu-pintu rahmat, ditutuplah pintu-pintu neraka, serta dibelenggulah syaithan-syaithan" (HR. Muslim dan Imam Nasai).Pada bulan Ramadhan nilai pahala dilipatgandakan, shalat wajib diberi pahala seperti melaksanakan 70 kali shalat di bulan lain, shalat sunnah diberi pahala seperti shalat wajib, shodaqoh seperti zakat, dan umrah Ramadhan seperti melaksanakan haji. Nabi SAW bersabda: "Bila datang bulan Ramadhan, maka lakukanlah umrah. Sebab, ibadah umrah pada bulan itu setara dengan melakukan haji." (HR. Imam Nasai).Selain itu, orang yang melakukan shaum pada bulan Ramadhan dengan dasar iman serta harapan untuk mendapatkan balasan dari Allah SWT semata (ihtisab) niscaya ia lepas dari dosa-dosanya yang telah lalu. Nabi bersabda : "Barang siapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala Allah SWT niscaya diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu" (HR. Ashabus Sunan).

3 comments:

Anonymous said...

Selamat tinggal ramadhan..Semoga tahun depan kita bertemu kembali...amin

chenlu said...

As Low As $3/1000 runescape money! <5 Minute Delivery, US/EU On Sale. Get bored farming runescape gold yourself? Need to buy runescape gold
urgently ? Have it a try here!

reseller said...

nice blog!
-----------------
Nice Places to Visit and Computer Tutorials | Nice Places to Visit

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com