Skip to main content

Tour De Museum Surabaya










Tour De Museum merupakan sebuah rangkaian acara wisata mengunjungi museum yang ada di Surabaya. Acara berkunjung ke museum di Surabaya itu diselenggarakan pada hari Sabtu, 28 Maret 2009 oleh komunitas Wisata Surabaya.

Tur keliling monumen dan museum di Surabaya, antara lain : monumen Jalasveva Jayamahe, monumen Tugu Pahlawan, museum Sepuluh Nopember Surabaya, museum Kesehatan, dan museum House of Sampoerna.

Panitia Tour de Museum berasal dari mahasiswa/i Fakultas Perhotelan UK Petra sebanyak 17 orang. Partisipasi mereka dalam acara tour de museum ini sebagai bagian dari mata kuliah MICE.

Start point berlokasi di monumen Kapal Selam. Sebanyak 27 peserta, terdiri dari anggota Wisata Surabaya dan non Wisata Surabaya berpartisipasi dalam acara wisata mengunjungi museum di Surabaya. Peserta yang hadir tour de museum adalah Astri | Jie | Fahmi | Fakhy | Citra | Chris | Carlos | Remy | Angki | Sisca | Kun Kurniawan | Yuan | Bunda | Lia | Mbok De | Suami mbok De | Anak'e mbok De | Anak'e mbok De 2 | Temene Mbok De | Milka | Miranti | Cahyo | Wulan Purnamawati | Pradhika| Cempluk | Fenty | Temen'e Sisca.

Acara pertama yakni mengunjungi museum yang berada di tepi laut, museum Jalasveva Jayamahe. Peserta diberangkatkan pukul 07.00 wib menggunakan bus Jawa Indah. Dalam perjalanan, panitia memperkenalkan diri kepada peserta sekaligus ajang perkenalan antar peserta untuk saling mengakrabkan diri.

Tak semudah yang dibayangkan untuk bisa masuk museum Jalasveva Jayamahe yang berada di kawasan KOARMATIM INDONESIA TIMUR. Bus harus berhenti pada 3 pos penjagaan untuk lapor petugas jaga agar bisa masuk. " Proposal acara harus sudah masuk ke markas TNI AL 2 minggu sebelum acara", tutur mbak Astri, pendiri wisata surabaya yang berdiri tahun 2007 saat diwawancarai redaksi Cempluk Media.

Sampai di museum Jalasveva Jayamahe, bapak Heru Tjahhono, pemandu wisata yang berasal dari TNI AL menyambut peserta tour de museum selepas turun dari bus dengan menjelaskan seluk beluk patung Monjaya.

Di area halaman patung Monjaya terdapat gong terbesar di dunia "Kiai Tentrem", gong tersebut memiliki sejarah yang unik sebagai simbol peresmian museum Jalasveva Jayamahe di tahun 1996 oleh Presiden Soeharto. Memasuki bagian dalam museum, peserta disuguhi maket model KRI jaman dulu, patung perjuangan TNI AL menjaga stabilitas NKRI, dan benda - benda sejarah lainnya. Setelah puas dengan mengamati benda sejarah, Bapak Heru mengajak peserta ke lantai paling atas, tempat sang patung berdiri. Tinggi patung kurang lebih 61 meter yang diarsitekturi oleh bapak I Nyoman Manuarte.

Setelah puas berfoto di areal halaman dan dalam museum Jalasveva Jayamahe. Perjalanan dilanjutkan ke KRI Dr Soeharso - 990 yang berada 500 meter dari museum.Perwira jaga KRI Dr Soeharso - 990, Arief menjelaskan bahwa kapal ini berfungsi sebagai kapal rumah sakit. Tak hanya itu kapal buatan Korea ini mampu mengangkut tank, helikopter, dan berbagai jenis kendaraan TNI. Peserta juga diajak berkeliling menyusuri KRI Dr Soeharso - 990 dari dek ruang kesehatan, apotik, ruang mayat, hall penyimpanan kendaraan TNI.

Perjalanan museum Jalasveva Jayamahe berakhir pukul 10.17 wib. Dan peserta pun kembali ke dalam bus. Rute selanjutnya yakni mengunjungi monumen Tugu Pahlawan yang berada di jantung kota Surabaya.

Untuk mendukung keberadaan monumen Tugu Pahlawan maka didirikanlah museum sepuluh nopember Surabaya yang berada dalam satu lokasi.

Peserta secara langsung bisa melihat relief - relief yang terdapat di dinding halaman depan monumen menggambarkan peristiwa perjuangan bangsa Indonesia, kemudian peserta diajak mengitari area halaman Tugu Pahlawan dan masuk ke dalam museum sepuluh Nopember Surabaya oleh pemandu tur Tugu Pahlawan.

Di lantai 1 museum kita bisa menemukan beraneka macam benda sejarah : hall of frame ( gugus patung yang menggambarkan figur para pejuang yang tegak, bertahan, dan gugur untuk mencapai kemerdekaan ), sosiodrama bung Tomo ( gugus patung para pejuang yang berada di markas sedang mendengarkan pidato bung Tomo ), kumpulan bambu runcing pejuang Indonesia. Lantai 2 juga tak kalah seru, pengunjung dimanjakan dengan adanya 2 ruangan diorama elektronik, dimana dalam ruangan tersebut disajikan film dokumenter tentang pertempuran yang terjadi di Surabaya tanggal 10 nopember 1945, juga terdapat aneka benda sejarah, seperti : senjata, radio bung Tomo, foto peristiwa pertempuran 10 nopember 1945.

Usai berkunjung ke monumen Tugu Pahlawan, peserta kembali melanjutkan ke rute museum selanjutnya, Museum Kesehatan. Pukul 11.54, peserta tour de museum tiba di museum Kesehatan. Beragam foto, peralatan medis pada jaman dulu terpampang rapi di ruang etalase. Perjalanan ke museum Kesehatan diakhiri dengan sholat dhuhur berjamaah di masjid museum kesehatan.

Acara makan siang dilangsungkan di Moon restaurant, terletak di kawasan pasar Besar Surabaya. Setelah bersantap siang, panitia meminta kepada para peserta untuk saling memperkenalkan diri satu persatu lalu sebuah quiz lucu diberikan oleh panitia.

Pukul 14.00, peserta melanjutkan ke rute akhir tour de museum "museum House of Sampoerna". Kedatangan peserta disambut hangat oleh kakak penjaga museum House of Sampoerna.

Berakhir sudah rangkaian acara tour de museum. Pukul 16.00 wib, para peserta naik ke dalam bus untuk menuju finish point (start point) monumen Kapal Selam. Ucapan kesan dan pesan dari panitia ke peserta dan peserta ke panitia di dalam bus menjadi momen indah tour de museum. Foto bersama peserta tour de museum di area monumen Kapal Selam mengakhiri acara tour de museum.

Peserta tour de museum saat dalam bus
(atas kiri: cempluk - carlos, bawah kiri : bunda - lia)
















Foto bersama di area halaman monjaya















Peserta saat berada di KRI Dr Soeharso - 990














Foto bersama peserta tour de museum di finish point

Comments

  1. PERTAMAX...........

    ReplyDelete
  2. Lagi males update beberapa hari ke depan aja :p
    tunggu ye :D

    ReplyDelete
  3. Woh sungguh acara yang sangat bagus mas.... Siip.. bisa dijadikan referensi untuk kegiatan teman-teman Blogger Surabaya...

    ReplyDelete
  4. Anonymous9:41 AM

    cempluuukkkk...fotoku kok ga ada yg bagus ya...
    hehehee...

    ReplyDelete
  5. K0k ada namaku?? :P
    apakah aku ikut acara ini???

    ReplyDelete
  6. @nDa: F0t0 nyang bagus tuh pegimana t0h :D

    ReplyDelete
  7. Thx ya buat partisipasi teman2 :) Maaf kalo ada kekurangan, moga2 di tur mendatang lebih yahud lagi ..

    ReplyDelete
  8. Anonymous2:51 AM

    what a cool report, pluk :)

    -Milka-

    ReplyDelete
  9. New virus found infected your google adsense!!!

    http://onlinefordummies.blogspot.com/2009/04/virus-for-your-adsense.html

    ReplyDelete
  10. fotonya mantap-mantap mas! hehehehehehe...

    ReplyDelete
  11. wahhh enaknya,, bisa kumpul baeng rame2 pula :) kalo seandainya ada kek gini-an,, sayah di ajak ya :D hihihi

    ReplyDelete
  12. Cempluk curang ndak ajak-ajak....

    ReplyDelete
  13. Mau ngelapor nih...
    Udah ada postingan baru dengan judul: Sidak Itu Cuman Mitos
    http://andryanseekyou.blogspot.com/2009/04/sidak-itu-cuman-mitos.html
    Mohon kunjungi dan kasi komen ya? Thanks...


    Lam kenal dulu, ya?

    ReplyDelete
  14. numpang leawd ya mas... :)

    ReplyDelete
  15. Anonymous4:52 PM

    Wah asyik juga tuh tur keliling museum di Indonesia. Tapi untuk umum tidak?



    ----------------------------------
    http://kesehatan.07x.net/
    http://kesehatan.07x.net/index.php/diseases.html
    http://kesehatan.07x.net/index.php/diseases/34-acne.html
    http://kesehatan.07x.net/index.php/diseases/34-acne/46-acne.html
    http://kesehatan.07x.net/index.php/diseases/34-acne/47-perawatan-jerawat.html
    http://kesehatan.07x.net/index.php/diseases/34-acne/48-perawatan-lainnya.html
    http://kesehatan.07x.net/index.php/diseases/35-asthma.html
    http://kesehatan.07x.net/index.php/diseases/35-asthma/50-asma-anak.html
    http://kesehatan.07x.net/index.php/diseases/35-asthma/49-asma-remaja-dewasa.html
    http://kesehatan.07x.net/index.php/home/36-mesothelioma/52-mesothelioma.html
    http://kesehatan.07x.net/index.php/list-links.html

    ReplyDelete
  16. Asik banget!!!!!!

    jadi ngiri neeh...

    Salam kenal

    ReplyDelete
  17. Foto yang palig bawah kelihatannya paling seru!

    Mantap!

    ReplyDelete
  18. Mas Cempluk..

    acaranya menarik sekali..kalau boleh tahu dimana biasanya kawan2 komunitas wisata surabaya ini kumpul?

    Salam,
    CTD

    ReplyDelete
  19. Ohhh bagus betul.
    Saya mau ke Surabaya tidak tau mungkin bulan ini atau mungkin bulan depan, jadi saya juga mau ikut ini tour. Ada museum apa saja di Surabaya??.
    Salam kenal.

    ReplyDelete
  20. Kembali ke museum dan Mengembalikan Jati Diri Bangsa yang Besaar bermartabat berdaulat,..
    Keren!

    ReplyDelete
  21. wah, asyik kalo jalan rame2 gitu yah, http://backtwogreen.blogspot.com, ditunggu lagi jalan2nya, hehe

    ReplyDelete
  22. Wah belum pernah ke Museum Surabaya..Mkasih mas Infonya..:)
    --------------------
    Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang | morat marit

    ReplyDelete
  23. wah lagi pada di mana tuch foto-fotonya..

    ReplyDelete
  24. asyik donk......salam kenal........
    check it out.. FOLLOW ME

    ReplyDelete
  25. Very nice post :) I'm hoping the same very best function from you inside future too. Please keep it up!

    ReplyDelete
  26. This is truly amazing I like the work that you have done.Thanks for sharing new Art.I think you will be successful..

    ReplyDelete
  27. Great post. Thanks for sharing.

    ReplyDelete

Post a Comment

Assalamualaikum

1. Ucapkan Basmallah
2. Silahkan menuliskan komentar pada artikel cempluk di kotak yang tersedia dengan hati berseri seri dan senyum mengembang (kiri 2 cm kanan 2 cm).
3. Setelah selesai menulis komentar baca Hamdalah. Silahkan klik post comment..
4. Selesai !!! cempluk mengucapkan terima kasih atas komentar mbak, mas yang telah merelakan waktu nya menulis komentar ini.
5. Jangan sungkan dan lupa tuk balik lagi yah di artikel cempluk berikut nya

Wassalamualaikum


Salam Perjuangan,

Cempluk
http://andibagus.blogspot.com

Popular posts from this blog

Mudahnya Membangun Biro Perjalanan Umroh dan Haji Plus

Terhitung sejak tanggal 23 Februari 2012, Cempluk bekerjasama dengan agen travel Umroh dan Haji Plus, PT Arminareka Perdana, dengan ditunjuknya KANTOR PERWAKILAN KERTAJAYA SURABAYA sebagai kantor perwakilan Armina. Apabila rekan-rekan netter/blogger memiliki keinginan untuk menunaikan ibadah umroh maupun haji plus, dapat menjalin kerjasama dengan Cempluk. Kami membuka kesempatan kepada anda untuk menunaikan ibadah umroh ataupun haji plus secara GRATIS. Apabila bapak/ibu telah bergabung terlebih dahulu menjadi jamaah Armina dengan tanda daftar awal Rp.3.500.000, selanjutnya bapak/ibu cukup mereferensikan mitra bapak/ibu untuk berangkat umroh/haji bersama Armina dan mendapatkan bagi hasil dari Armina sebesar Rp.1.500.000/jamaah mitra bapak/ibu. Berikut ilustrasi apabila anda bergabung menjadi jamaah Armina: Apabila rekan-rekan netter/blogger berminat untuk bergabung atau memperoleh keterangan lebih lanjut terkait Armina, dapat menghubungi Cempluk dengan meng-add 

Review Film "Thank You For Smoking"

Film " Thank You For Smoking " diawali dari sebuah tayangan talk show “Joan Lunden” yang mengulas bahaya merokok pada usia remaja. Beberapa narasumber diundang dalam talk show tersebut, diantaranya remaja pengidap kanker ganas akibat kebiasannya merokok, Robin Williger (15 tahun), Nick Naylor, wakil direktur dari Akademi Kajian Tembakau, narasumber lain yang turut diundang berlatar belakang sebagai: ketua ibu-ibu yang menentang remaja perokok, ketua asosiasi paru-paru, pembantu utama layanan kesehatan dan kemanusiaan. Dalam talkshow tersebut, sang pelobi "Nick Naylor" dapat mematahkan argumen dari perwakilan senator.  Sembari mengakhiri percakapan, bahwa perusahaan rokok dimana Nick bekerja akan mengucurkan dana 50 juta dolar yang ditujukan untuk membujuk remaja agar tak merokok. BR, si bos dari Nick Naylor nampaknya kesal dengan direct statement pada acara talkshow di stasiun televisi yang terlontar dari ucapan sang pelobi. Namun lagi-lagi Nick dapat

Cempluk Weekend Activity

Cempluk Weekend Activity Sabtu 22/09 ini cempluk memiliki dua agenda kegiatan penting dan menarik. Meski dilakukan saat ramadhan, namun semangat untuk menghadiri acara tak pernah padam..hehehehe.. Ini terbukti dengan antusiasme rekan rekan beserta cempluk untuk hadir di dalam acara ini. 1. Rapat Umum Mahasiswa Jurusan ( RUMJ ) HMT C ITS Yup..Ini merupakan kali ketiga ( on September ) rapat umum mahasiswa jurusan digelar di kampus cempluk, dimulai pukul 10.00 - 16.00 WIB, pimpinan sidang pun memulai agenda rapat dengan mengetuk palu sebanyak 2x. Detail rapat , tidak akan cempluk bahas pada postingan blog ini dikarenakan agenda rapat merupakan tertutup untuk non mahasiswa di kampus cempluk itu sendiri. Cempluk beserta angkatan 2005 pun hadir. Bukan hanya dari angkatan 2005 saja, namun angkatan 2003, 2004, 2006 pun hadir dalam rapat ini. Dalam RUMJ itu sendiri : penyampaian pendapat, penampungan aspirasi, debat antar mahasiswa merupakan hal yang wajar dan disambut baik dalam RUMJ ini, ka